3 Desa Di Kecamatan Maba Salurkan BLT Tahap Satu Dan Dua

507

Penyaluran BLT Tahap Satu Di Desa Pekaulang (Foto: Nehemia CH)


BULI,CH- Sebanyak tiga desa dalam wilayah Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Jumat (22/5/2020) resmi menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke warga yang berhak menerima.

Diantaranya Desa Pekaulang, Gamesan dan Desa Geltoli. Di Desa Pekaulang sebanyak 24 Kepala Keluarga (KK) dari 96 KK yang menerima BLT. Penyaluran berlangsung di Kantor Desa Pekaulang, yang diserahkan langsung oleh Kepala Desa Pekaulang Muhrid Samin.

Muhrid Samin mengatakan, penyaluran BLT ke masyarakat ini sudah sesuai dengan kriteria kehidupan masyarakat yang ada di Desa Pekaulang. Warga tidak ada nama dalam daftar BLT, mereka sudah menerima PKH, Kemensos, dan Sembako yang bersumber anggaran dari APBN.

“Apabila data penerima hanya 24 KK maka anggaran yang dicaikan sesuai dengan  jumlah penerima, tidak bisa lebih, maka kalau ada isu bahwa kelebihan anggaran khusus Pandemi Covid-19 sangat banyak itu tidak benar, karena aggaran sisa DD tersebut digunakan untuk pembangunan dalam desa yang disebut Padat Karya,” jelasnya.

BACA JUGA  Musdes RKPDes Soagimalaha Berjalan Lancar

Total anggaran yang disalurkan untuk 24 KK sebesar Rp.  14.400,000, untuk tahap pertama, untuk tahap penyaluran tahap dua direncanakan  paska Idul Fitri.

Penyaluran BLT Tahap Satu Di Desa Gamesang

Sementara untuk Desa Gamesan, jumlah Kk yang berhak menerima BLT sebanyak 50 KK dari 159 KK dengan total anggaran Rp. 30 juta untuk tahap pertama.

Kepala Desa Gamesan Edy Nikiyuluw usai menyalurkan  BLT DD tahap pertama  di Kantor Desa Gamesan kepada Cerminhalmahera.com mengatakan, anggaran DD tahap pertama dicairkan itu sebagian sudah dianggarkan pada pembangunan desa sehinga tidak bisa disalurkan untuk dua tahap sekaligus. “Setelah lebaran  akan kami salurkan tahap dua dan tahap tiga sekaligus,” janjinya.

Penyaluran BLT Tahap Satu Dan Dua Di Desa Geltoli

Penyaluran BLT yang sama juga di lakukan oleh Pemerintah Desa Geltoli dengan jumlah KK yang berhak menerima sebanyak 155 KK dari 508 KK.

Di Desa Geltoli, pemerintah desa tidak tanggung-tangung menyalurkan dua tahap sekaligus (April-Mei) dengan total anggaran Rp. 186 juta yang dibagikan ke masing-masing KK Rp. 1.200.000.

Kepala Desa Geltoli Herasmus Tatengkeng mengingatkan kepada masyarakat penerima BLT DD Covid-19, agar bantuan ini dipergunakan sebaik baiknya.

BACA JUGA  Melalui Musrembang Desa, Kades Wayafli Beberkan Anggaran 2021 Ke Publik

“Saya ingatkan agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah dan berada di tempat umum, serta jaga jarak, penyaluran BLT tahap tiga akan kami salurkan pada juni nanti,” tukasnya.

Penyerahan BLT ditiga desa ini mendapat pengawalan dari anggota TNI-Polri serta BPD dan kaur desa. Penyaluran berlangaung aman dan lancar. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here