Akan Di Buka Tambang Nikel Di Maba, Puluhan Hektar Lahan Kaplingan Bermasalah

623

Nova Barmawi (kerudung merah) Saat Menyerahkan Bukti Kwitansi ke Kepala Desa Baburino (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Puluhan hektar lahan Kaplingan milik kelompok yang ada di Desa Baburino dan Desa Pekaulang Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) bermasalah. Hal ini mulai menguak setelah PT. Sembaki Tambang Sentosa (STS) dikabarkan akan melakukan pembebasan lahan.

Informasi yang dihimpun cerminhalmahera.com, puluhan hektar lahan kaplingan ini bermasalah disebabkan lahan tersebut tumpang tindih. Bahkan ada yang sudah jual dari tangan ke tangan.

Nova Barmawi, yang telah membeli puluhan hektar lahan kaplingan tersebut mengaku, banyak lahan yang tumpang tindih. Menurutnya lahan tersebut dibeli dengan harga variasi oleh anggota kelompok yang mengaku memiliki kaplingan lahan tersebut sejak 2007 dan 2008. “Saya beli dengan harga Rp. 2 juta per hektar ada juga Rp. 6 juta per hektar dari anggota kelompok,” kata Nova, di kediaman Kepala Desa Baburino Radius Sabuanga, Jumat (11/9/2020).

Nova mendatangi Kepala Desa Baburino dengan menyerahkan puluhan bukti kwitansi jual beli lahan kaplingan. Nova berharap Kepala Desa, Radius Sabuanga dapat menyelesaikan masalah tersebut agar pada saat pembebasan lahan oleh PT. STS tidak bermasalah.

BACA JUGA  Jelang Idul Adha, PT. Antam Sumbang 15 Ekor Sapi

“Lahan kaplingan yang sudah saya beli ini saya serahkan kepada kepala desa Baburino untuk di tangani apabila pembebasan nanti,” ujarnya.

Kepala Desa Baburino Radius Sabuanga, berjanji akan memanggil pemilik lahan yang namanya tertera dalam kwitansi itu untuk dimintai keterangan. “Saya akan panggil pemilik lahan sesuai kwitansi, kalau lahan tersebut ada maka pembebasan nanti lahan tersebut desa yang menanganinya, dan apabila lahan tersebut tidak ada maka akan diproses hukum,” janjinya.

Sekedar diketahui, PT. STS yang bergerak di bidang pengelolah tambang nikel itu akan melakukan pembebasan lahan pada September atau Oktober 2020. Tahap pertama di lokasi Bukit Nyambuk kurang lebih 400 Hektar yang terletak di Desa Baburino. Tahap dua pembebasan lahan di Desa Pekaulang Bagian Timur. (Red)

Nehemia bustami
Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here