Berkunjung Ke Halteng, Pemda Haltim Tegaskan PT. IWIP Perjelas Status Wilayah Tambang

405

Pertemuan Pemda Dan DPRD Haltim Bersama PT. IWIP


MABA, CH- Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), akhirnya memberi ketegasan kepada PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), soal status areal pertambangan perusahaan yang masuk dalam wilayah Haltim.

Ketegasan ini disampaikan, saat Bupati Haltim, H. Ubaid Yakub bersama wakilnya, Anjas Taher melakukan kunjungan kerja ke PT. IWIP di Desa Lelilef Kecamatan Weda Tengah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Kamis (3/6/2021).

Kunjungan yang ikut melibatkan Ketua DPRD Haltim, Jhon Ngoraitji dan unsur Pimpinan DPRD lainya ini disambut baik oleh pihak perusahaan yakni Vice Presiden PT.IWIP  dan GM. HR. External Wahyu Budi santos dan pejabat lainya.

Dalam pertemuan itu, Ubaid ikut menekankan soal status wilayah Haltim yang dikategorikan sebagai daerah penyangga bukan  penghasil tambang oleh PT. IWIP. Padahal, berdasarkan peta kawasan pertambangan milik perusahaan Cina itu, areal tambangnya sekitar 44 persen masuk wilayah Haltim.

“Oleh karena itu, kami meminta agar pihak perusahaan kiranya membantu dan mendukung kami agar status Haltim sama dengan Halteng yaitu daerah penghasil,” tegas Ubaid pada pertemuaan yang berlangsung di Ruang Meting  Kantor PT. IWIP.

BACA JUGA  Natal Pemda, Bupati Haltim Ajak Warga Nasrani Jadi Mitra Pemerintah

Dalam kesempatan itu, pihak PT. IWIP
mempresentasikan beberapa kegiatan PT. IWIP di Kecamatan Wasile Selatan Haltim
melalui Dana Corporate Social Responsibility (CSR) berupa dukungan
membasmi Covid-19, pembangunan rumah ibada dan sarana pendidikan serta kesehatan.

Namun, hal ini ditepis langsung oleh Wakil Bupati, Anjas Taher. Sebab menurut Anjas, jika Haltim masuk dalam Wilayah pertambangan PT. IWIP,  maka soal pembagian dan realisasi dana CSR harus sama dengan Pemda Halteng.

“Bilaperlu realisasi Anggaran CSR jangan Cuma di Wasile Selatan akan tetapi merata hingga ke Maba Selatan,” tegas Anjas.

Ketua Golkar Haltim itu juga meminta kepada pihak perusahaan agar segera memberikan data rencana penyaluran dana CSR dan berapa jumlah karyawan asal Haltim yang telah direkrut hingga saat ini.

Usai menggelar pertemuan dengan pihak PT. IWIP pada Kamis malam, rombongan Pemda dan DPRD Haltim yang ikut didalamnya Kabag Humas, Yusup Talib, Sekretaris Dinas PUPR, Iswan Mabud dan Kabag Ekbang, Kalla Soleman didampingi pihak perusahaan pada esok harinya, Jumat (4/6) mengunjungi pembangunan Pabrik, Pelabuhan serta PLTU yang saat ini sudah mulai beroperasi.

BACA JUGA  Akibat Corona, Pemkab Haltim Kehilangan DAU 51 Miliar

Yusup Talib saat dikonfirmasi menjelaskan, soal areal tambang yang masuk dalam wilayah Haltim, Pemda Haltim telah membentuk tim yang diketuai oleh Wakil Bupati, Anjas Taher. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here