Besok, 23 Desa di Halbar Gelar Pilkades Serentak

643
Bimtek Pilkades Halbar

HALBAR, CH- Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) besok, Kamis (11/10/2021) bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Sebanyak 23 desa yang akan memilih pemimpin baru tersebut.

Desa-desa yang akan menggelar Pilkades itu diantaranya, di Kecamatan Jailolo, Desa Gamtala, Hoku-Hoku Kie, Gamlamo dan Saria. Kecamatan Loloda, Desa Soa-sio, Buo dan Barataku. Kecamatan Tabaru, Desa Tengowango dan Sangaji Nyeku. Kecamatan Ibu, Desa Tongute Ternate, Kie Ici, Gamlamo dan Tongute Sungi. Kecamatan Sahu Timur, Desa Awet dan Akelamo.  Kecamatan Ibu Selatan, Desa Gamkonora, Talaga, Adu Baru, Ngawet, Bataka, Tobelos dan Tobobol.

Sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Halbar menggelar bimbingan teknis pungutan suara bagi para Panitia Pilkades di Ruang Baikole Lantai II Kantor Bupati, Selasa (9/10).

Dalam kegiatan itu, Kepala DPMPD Halbar, Marcus Saleky, mengatakan tujuan dari kegiatan bimbingan tekhnis agar panitia Pilkades mempunyai pengatahuan dalam pelaksanaan Pilkades. Selain soal aturan, Pilkades serentak kali ini  berlangsung ditengah  Covid-19, sehingga para panitia juga ikut dibekali dengan protokol kesehatan.

BACA JUGA  Atasi Bencana, BPBD Halbar Minta Warga Jangan Menebang Pohon Sembarangan

“Sehingga diharapkan, proses pencobolasan dan penghitungan suara nanti bisa berjalan aman dan lancar,” kata Marcus.

Pemateri dalam bimbingan tehnis ini diantaranya, Kabag Hukum dan Organisasi, Jekson.  Staf Khusus Bidang Hukum, Freizer Giwe, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPUD), Miftahuddin Yusup Sekretaris DPMPD, Nurhayati, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Deny G. dan moderator, Arianto Bobango selaku Kabid Pemdes DPMPD.

Kegiatan ini juga dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rofintje Kalengit, Marten Manuty selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, H. Imrat  Idrus.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here