Bupati Halbar Harap PKK Bisa Wujudkan Kesejahteraan Keluarga

205

Pelantikan Pengurus PKK Halbar (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Pengurus  Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) resmi dilantik. Mereka dilantik langsung oleh Bupati, James Uang dilantai dua Kantor Bupati, Selasa (22/3/2021).

Sebanyak 49 orang yang tersebar di 8 kecamatan yang dilantik berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Halmahera Barat, Nomor 75/KPTS/III/2021 tentang pengurus TP PKK kabupaten Halmahera barat masa Bakti 2021-2024

Pelantikan ini dihadiri oleh Kapolres Halbar, AKBP. Tri Okta Hendri Yanto dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Daerah Halbar.

Bupati, James Uang mengatakan  organisasi PKK memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh khususnya perempuan dan anak-anak. Wujud peran strategis gerakan PKK dalam membantu tugas pemerintah dapat terlihat  dari 10 program PKK yang sangat sinergi dan selaras dengan program-program yang ingin di laksanakan pemerintah.

Bupati menyebutkan, ada 10 program pokok PKK yang harus dilaksanakan, diantaranya penghayatan dan pengalaman pancasila, meningkatkan rasa kegotong royongan, merawat kestabilan pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan hidup berkoperasi, kelestrarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

BACA JUGA  Bupati, Wakil Bupati Dan Sekda Halbar Bakal Punya Mobdis Baru

Program ini diharapkan, bisa berjalan agar visi-misi mendiahi (perbaiki) Kabupaten Halmahera Barat dalam hal ini, memperbaiki pelayanan pemerintah yang baik dan Jujur, aman dan sejuk, memperbaiki keungan daerah, pelayanan kesehatan, memperbaiki pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Bupati berharap, melalui penerapan 10 pokok program  PKK dapat mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan indikator terpenuhinya kebutuhan dasar keluarga baik secara materil, sosial dan mental dan spritual sehingga dapat hidup layak dan bermanafaat bagi sesamannya.

“Saya berharap kedepan PKK akan mampu menjadi penggerak, pendorong dan motifator demi mewujudkan Kabupaten Halmahera Barat yang aman, adil dan sejahtera serta dapat mewujudkan kesejahteraan Keluarga,” harapnya.

Terpisah-Ketua Tim PKK, Mery Popala mengatakan, usai pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU)  bersama dengan dinas terkait dan mereka siap mendukung untuk singronisasi atau kordinasi program PKK.

Beberapa dinas yang melakukan kerjasama diantaranya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Pertanian, Ketahanan Pangan,  Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Disperindag-Kop.

BACA JUGA  DPRD Halbar Minta Pemda Mediasi Pembebasan Lahan Warga Yang Dikelolah PT. TUB

“Jadi program-program prioritas yang ada di dinas terkait kami dukung untuk lakukan program  kami jadikan sebagi program unggulan di PKK,” kata Mery. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here