DD Tahap I Desa Wayafli Salurkan BLT Dan Bangun Fisik

349

Pembangunan Saluran Melalui DD Tahap I Di Desa Wayafli (Foto: Nehe CH)


BULI, CH- Pemerinta Desa Wayafli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) terus membangun meskipun sebagian anggaran harus terkuras demi penanganan Covid-19.

Dana Desa (DD) Tahap I di 2020 misalnya, sebagian telah digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke 80 Kepala Keluarga (KK) dalam dua tahap sekaligus, namun masih bisa dibangun sejumlah progran fisik lainya.

Melalui sebagian DD tahap I, Pemerintah Desa dibawah pimpinan Kepala Desa, Yahuda Goslaw membangun sejumlah bangunan berupa lanjutan Pembangunan Puskesdes, saluran air 200 meter. “Serta pembelian dua unit mesin paras sebagai program pemberdayaan,” kata Yehuda, Selasa (2/6/2020).

Lanjut Yehuda, melalui DD untuk pencairan tahap selanjutya yang telah dimasukkan dalam APBDes juga masih terdapat program fisik maupun pemberdayaan diantaranya, pembangunan setapak 200 meter, pengadaan 1 unit mesin Parut Santan, 1 unit mesin parut, 2 unit Sensor, 1 unit mesin Yamaha 25 PK lengkap dengan perahu serta penyaluran BLT untuk tahap III.

BACA JUGA  Pemdes Geltoli Salurkan BLT DD Untuk September

“Masih banyak program melalui DD 2020, namun karena ada pemotongan 30 persen untuk BLT dan juga pemotongan Rp.90 juta dari pemerintah pusat untuk Penanganan Covid-19, maka sebagian program desa yang dianggap belum diproritaskan itu dibatalkan,” paparnya. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here