DD Tahap Pertama 2021, Pemdes Baburino Bangun Saluran Air 400 Meter Dan Deker

310

Material Saluran dan Deker Yang Sudah Siap (Foto: Nehe CH)


BULI, CH- Pemerintah Desa Baburino Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara mulai bangun saluran air sepanjang 400 meter dan satu unit deker. Program fisik ini bersumber dari Dana Desa (DD) tahap pertama 2021.

Total DD tahap pertama yang dicairkan itu sebesar Rp. 290 juta. Dana yang tidak terlalu besar ini, tidak hanya untuk bangun saluran dan deker, melainkan juga untuk pembebasan lahan dan pembayaran sisa tanaman.

Kepala Desa Baburino Radius Sambuaga menargetkan, pembangunan saluran air dan deker yang direncanakan akan dikerjakan pada, Senin (8/2/2021) ini ditargetkan selesai pada awal Maret.

“Saya target pekerjaan saluran air dan deker hanya satu bulan, itu juga tergantung cuaca, seluruh material sudah siap,” kata Radius, Jumat (05/02).

Radius juga membeberkan Rancangan Kerja Program Desa (RKPDes) 2021 khusu DD yang sudah di rekap, yakni pembangunan Rumah Sehat Sederhana (RSS) uua unit, Rabat Bahu Jalan, Posyandu, Stunting, Penggalian Saluran Air, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

BACA JUGA  Tanpa Anggaran, Kades Geltoli Mampu Jalankan Program Desa

“Untuk DD tahap akhir 2020, sudah digunakan untuk satu paket air bersih di Dusun Waisumo, penggalian saluran air 100 meter serta pengadaan perternakan dengan total anggaran keseluruhan Rp. 200 juta sekian,” paparnya. (Red)

Nehemia bustami
Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here