Di Halsel Perangkat Desa Dan BPD Dapat BLT

334

Budi Yakub, Warga Bumi Rahmat

HALSEL, CH- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Bumi Rahmat Kecamatan Gane Barat Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara patut dipertanyakan.

Penyaluran yang dilakukan oleh Pemerintah Desa setempat dinilai telah menyalahi aturan. Pasalnya, perangkat desa dan anggota BPD juga ikut kebagian BLT.

Tidak hanya itu, warga yang belum menikah, maupun yang sudah menerima bantuan berupa PKH juga ikut menerima BLT.

Budi Yakub, salah satu warga Bumi Rahmat menyampaikan, penyaluran bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) 2022 ini dilakukan secara sepihak oleh kepala desa. Seharusnya kata dia sebelumnya penyaluran, Pemerintah Desa harus melakukan pendataan kepada warga secara keseluruhan agar tidak merugikan warga lainya.

“Jangan asal- asalan yang pada akhirnya masyarakat yang jadi korban. Karena masih ada warga yang berhak menerima namun tidak menerima,” kesal Budi, kepada wartawan baru-baru ini.

Warga telah mengadu ke BPD selaku instansi yang memiliki fungsi kontrol terhadap Pemerintah Desa. Namun hasilnya, pihak BPD lepas tangan dengan alasan tidak tahu tentang nama-nama penerima BLT tersebut.

BACA JUGA  Modus Urus Izin Usaha Tambang Rakyat, Pengusaha Di Halsel Terus Dikuras

“Untuk itu kami berharap pada Pemerintah Daerah melalui inspektorat agar dapat menindaklanjuti persoalan ini. Karena penyaluran BLT yang dlakukan pemerintah desa Bumi Rahmaat tak sesuai dengan prosedur yang ada,” harap Budi.

Sementara itu, Kepala Desa Bumi Rahmat, Pardi Hamba ketika dikonfirmasi menyebutkana, jumlah penerima BLT di luar penerima bantuan PKM dan PKH sebanyak 91 orang. Jumlah ini belum mencapai angka 40 persen DD yang diperuntukkan untuk BLT.

“Sementara tidak ada petunjuk terkait dana 40 persen BLT itu dilakukan pekerjaan fisik. Sehingga kami bijaki untuk dibagikan secara menyeluruh masyarakat yang ada,” jelas Pardi.

Disebutkan total penerima BLT 136 Kepala Keluarga (KK). Sebelum dilakukan pencairan BLT, kata Pardi telah dilakukan pemeriksaan maupun data banding penerima BLT.

“Dan itu kami sudah kordinasi dengan pihak inspektorat jadi tidak ada persoalan,” ujarnya. (Yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here