Di Tikep, Si Jola Siap Cetak KTP Di Depan Rumah

683

Penyerahan Mobil Si Jola Oleh Walikota Tikep, Capt. H. Ali Ibrahim

TIDORE, CH -Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah pelayanan terhadap dokumen yang berkaitan langsung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dengan sistem layanan Daring (Dalam Jaringan).

Sistem ini jauh lebih muda dan cepat,  dimana masyarakat tidak perlu mengeluarkan dana untuk ke Kantor Capilduk. Cukup di depan rumah, administrasi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan dokumen lainya bisa di cetak. Pelayanan ini sesuai dengan  Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 7 Tahun 2019 serta pertimbangan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Disela-sela apel pagi gabungan yang berlangsung, Senin (18/11) pagi, Walikota Tikep Capt. H. Ali Ibrahim melaunching penerapan Tanda Tangan Elekrtonik (TTE dengan CR Code) sekaligus penyerahan mobil pelayanan keliling administrasi kependudukan, yang berlangsung di Halaman Kantor Walikota. “Saya berharap agar bantuan mobil ini dapat dipergunakan dan dijaga dengan sebaik-baiknya serta dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya. 

BACA JUGA  Proyek Saluran Air Di Tikep, PUPR Malut Sebut Kepala DLH Keliru

Penggunaan TTE pada Dinas Dukcapil Kota Tikep ini sebenarnya telah diterapkan mulai  1 September 2019 lalu, namun baru dilounching bersamaan dengan momentum penyerahan mobil pelayanan yang diberi nama Si Jola (Si Jemput Bola dan Layanan Langsung) yang ditandai dengan Penyerahan Kartu Keluarga (KK) Milik Capt. H. Ali Ibrahim dan Asrul Sani Soleiman yang telah ditandatangani secara Elektronik  dan diserahkan langaung oleh Kepala Dinas Dukcapil.

Mobil Si Jola dilengkapi dengan sejumlah perangkat berupa mesin listrik atau diesel dengan pendingin AC, perekaman KTP elektronik yang mampu terhubung dengan jaringan server SIAK, dengan pelayanan yang dapat  dilayani  berupa Perekaman KTP-Elektronik langsung dicetak, Kartu Identitas Anak, Akte Kematian, Perkawinan dan SKPWNI (Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia) dan dokumen kependudukan lainnya.

Daerah yang menjadi wilayah operasi Si Jola adalah pada tempat-tempat strategis baik pasar, desa atau kelurahan pada semua Kecamatan dalam Wilayah Kota Tikep yang dapat diakses melalui kendaraan. (Red)

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here