Dua SMA di Halsel Sukses Gelar Whorkshop Kurikulum Merdeka Dan PBD

Kegiatan Whorkshp Kurikulum Merdeka Dan PBD

HALSEL, CH – Atas semangat dan kerja sama yang baik antara SMA Negeri 5 Gane Barat dan SMA Negri 13 di Gane Barat Utara Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) sukses menggelar Kurikulum Merdeka dan perencanaan berbasis data.

Kegiatan berlangsung dua hari di SMA Negri 13 Gane Barat Utara yakni mulai Sabtu hingga Minggu 20 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMA Negri 5 Halsel, Bunyan Syarif S.pd menyampaikan, bahwa kurikulum merdeka adalah merupakan kurikulum baru yang sudah diemplemantasikan pada 2022 lalu.

Dia menambahkan, Kurikulum merdeka sementara lagi dalam tahapan sosialisasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Kemendikbutristek memproyeksikan bahwa kurikulum merdeka akan menjadi kurikulum nasional pada 2024.

“Kurikulum merdeka ini bertujuan untuk menyerderhanakan kurikulum sebelumbya yang terkesan rumit dan belum bisa mencapai capaian kompetensi peserta didik,” jelasnya.

Terkait dengan Landasan kebijakan kemendikbutristek tentang implementasi kurikulum merdeka diantaranya, tentang permendikbutristek nomor 5 tahun 2022 tentang kompotensi standar lulusan (KSL),Permendikbudristek nomor 7 tahun 2022,surat edaran nomor 0574 /H. H 3/SK 02, 01/2023 terkait keputusan Mendikbutristek nomor 262/M tahun 2022 tentang perubahan atas keputusan Mensikbudristek no. 50 /
M/2022 tentang pesoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran

Adapun tujuan dari kegiatan implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) adalah memberikan sosialisasi dan pendampingan terkait kurikulum merdwka dan perwncanaan berbasis data kwpada dewan guru agar dapat memahami dan menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan penerapannya.

Harapanya, dengan kegiatan ini para dwwan guru dalam wadah musyawara
Guru mata pelajaran (MGMP) di Kecamatan Gane Barat bisa sering berinofasi dan berkoloborasi dalam mengjadapi perubahan dan perkembangan paradigma baru khususnya di bidang pendisikan sehingga ke dwpan SMA dan SMK di Gane Barat dapat bersaing dengan sekolah maju lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Drs. Minggu Syarif, M.Md jabatan Kord. Pengawas Dikbud provinsi malut
Drs.saifuddin Gani, M.Md,Kepsek SMA Negri 5 ,Kepsek SMA Negri 13 dan para dewan guru,sementara sumber dana di bebankan pada sekolah melalui dana BOS. (Yud)

Show More
Back to top button