DWP Ketpang Sula Promosika Bakso Dari Tepung Sagu

52

 

DWP Ketpang Sula Saat Promosika Bakso Dari Tepung Sagu

SANANA, CH- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Ketahanan Pangan (Ketpang) Kabupaten Kepulauan Sula terus mempromosikan pangan lokal berbahan dasar sagu.

Kali ini promosi olahan pangan lokal berbahan dasar sagu yang digelar di halaman Istana Daerah (Isda), Kamis (16/12/ 2022) adalah Bakso. Bakso yang biasanya berbahan dasar dasar daging ini, diganti dengan tepung sagu dan ikan.

“Pangan lokal hari ini adalah bakso yang terbuat dari tepung sagu dan ikan, risoles berbahan dasar sagu dan kaki naga mocaf (tepung ubi kayu), semuanya berbahan dasar pangan lokal,” kata Kepala Dinas Ketpang Sula, Siti Hawa.

Lanjut Siti, pihaknya hanya memfasilitasi untuk melatih ibu-ibu Dharma Wanita, sehingga diharapkan ibu-ibu Dharma Wanita ini bisa mempromosikan pangan lokal ke masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan pangan lokal di Kabupaten Kepulauan Sula,” jelasnya.

Kedepan selain DWP dan PKK, akan dilaksanakan pelatihan kepada palaku UMKM yang ada di Sula. Pelatihan pangan lokal ini sebelumnya juga sudah dilaksanakan di Kecamatan Mangoli Tengah yang meliputi tiga desa, yakni Desa Waitulia, Mangoli dan Desa Waitina.

BACA JUGA  Ketua HPMS Cabang Sanana Desak Pemda danĀ  DPRD Selesaikan Tapal Batas

“Mereka kita ajak untuk bisa berkreasi membentuk olahan pangan lokal,”terangnya.

Selain bakso, ada juga kue yang ikut dipromosiakan. Kue itu juga menggunakan bahan pangan lokal seperti ubi kayu dan sagu. Pelatihan olahan pangan lokal ini menjadi ajang aktualisasi diri dan mengangkat nilai seni dan budaya yang mau dikembang, ujarnya.

“Melalui Ibu-Ibu Dharma Wanita dan PKK dan pelaku UMKM, mudah-mudahan kedepannya bisa mempromosikan pangan lokal dan memasyarakatkan pangan lokal, dan pada akhirnya pangan lokal ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,”harap Siti.

Reporter: K-P
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here