Gara-Gara Corona, Tahun Ini CJH Halut Batal Berangkat Haji

337

Ilustrasi Jamaah Haji Indonesia


TOBELO,CH – Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Maluku Utara (Malut) yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini dimohon harus bersabar. Pasalnya, di 2020 ini tidak ada keberangkatan untuk menunaikan ibadah haji.

Pembatalan keberangkatan tahun ini dibatalkan setelah Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan Keputusan Menag Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 Hijriah/2020 Masehi.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Halut, Rustam Djafar saat di dikonfirmasi awak media menyatakan, kebijakan ini diambil karena pemerintah harus mengutamakan keselamatan jamaah di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang belum usai ini.Sebab, hampir seluruh CJH sudah berusia lanjut.

“Pihak Kantor Kemenag Halut sudah mendapat rilis dan edaran dari Pusat bahwa ada pembatalan keberangkatan CJH di tahun ini,”kata Rustam, Selasa (2/6/2020).

Dikatakan Rustam bahwa, kuota CJH Halut tahun ini berjumlah 96 orang. Hal tersebut berarti ada 96 orang yang keberangkatan hajinya tertunda hingga setahun lagi.

BACA JUGA  Enam Pasien Covid-19 Dari PT. NHM Sembuh

“Kemungkinan nanti ada perubahan jumlah kuota haji, akibat dari pandemi ini. Jika sudah usai pandemi ini, maka untuk kuota di 2020 diberangkatkan mundur di tahun depan. Pihak kementerian juga telah menegaskan keputusan ini sudah melalui kajian mendalam. Sesuai agama sendiri yang mengajarkan, menjaga jiwa adalah kewajiban yang harus diutamakan. Ini semua menjadi dasar pertimbangan,”cetusnya.

Meskipun ditahun ini pelaksanaan ibadah haji dibatalkan, pihaknya mengingatkan para CJH tetap menjaga kebugaran tubuh. Dengan itu tahun depan para CJH sudah bisa mengikuti rukun haji dengan lancar.

“Kami berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu, Insya Allah, aamiin. Dan CJH juga diharapkan untuk  bisa menjaga kesehatan mereka,” harapnya

Sementara salah satu CJH Halut Suud Amarie, saat diwawancarai  mengaku sudah lama ingin menunaikan ibadah haji. Harusnya ia berangkat tahun ini.

“Kami hanya meminta kepada Allah agar segera mengangkat pandemi ini sehingga di tahun berikut kami bisa menjalankan rukun Islam yang ke-kelima,”tukasnya. (Red)

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here