Hotel Terapung KM. Tatamailau Resmi Diaktifkan

82

Suasana Kamar di Hotel Terapung KM. Tatamailau 

TIDORE, CH – Layanan gratis akomodasi hotel terapung KM. Tatamailau untuk mendukung perhelatan Sail Tidore 2022, resmi aktif pada Kamis (24/11/2022) yang ditandai dengan sandarnya KM. Tatamailau di Pelabuhan Trikora, Kota Tidore Kepulauan.

Kedatangan hotel terapung in disambut langsung oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim bersama Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Capt. Hendri Ginting.

Penyambutan dilakukan secara simbolis dengan mengalungkan kain tenun puta dino kayangan oleh Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim ke Nahkoda Kapal KM.Tatamailau, Roberto Matualage dan Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Capt. Hendri Ginting. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kesiapan akomodasi terapung KM.Tatamailau.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut mengatakan, setelah mengikuti rangkaian acara Sail Tidore 2022, mulai dari pembukaan Sail Tidore Expo 2022, pengobatan gratis di Kapal TNI Angkatan Laut Bhakti Surya Bhaskara Jaya, sekarang kapal dari PT.Pelni telah sandar untuk mendukung akomodasi hotel terapung.

“Setelah kita mengikuti pembukaan Sail Tidore Expo dan melihat pengobatan gratis dari Kapal TNI Angkatan Laut, sekarang ini kapal dari PT.Pelni, KM.Tatamailau telah sandar untuk mendukung pelaksanaan Sail Tidore 2022, agar dapat berjalan lancar dan sukses. Ini adalah kerjasama antara Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dengan Kementerian/Lembaga terkait, layanan ini disediakan gratis atau secara cuma-cuma, bagi siapa saja pengunjung yang mau menginap,” tutur Ali Ibrahim.

BACA JUGA  Kemenhub RI Kembali Tinjau Lokasi Bandara Loleo Sofifi

Lanjut, Ali Ibrahim mengatakan, tidak ada kriteria khusus bagi yang mau menginap di kelas 1, maupun kelas ekonomi. Silahkan mendaftar melalui aplikasi, layanan ini tidak terbatas, siapa saja bisa menginap.

Tak lupa, ia juga menghimbau kepada pengunjung yang hendak menginap di KM.Tatamailau agar menjaga kebersihan, serta dapat membeli makanan yang telah disediakan oleh UMKM di area Pelabuhan, karena di Kapal tidak disediakan.

“Jadi saya menghimbau kepada masyarakat yang menginap disini, perlu dijaga kebersihan, untuk aktifitas mulai sore ini hotel terapung sudah siap digunakan, penginapan ini disediakan hingga tanggal 29 November 2022, untuk makanan, baik sarapan maupun makan siang dan malam PT.Pelni tidak menyediakan, akan tetapi ada kerjasama juga dengan UMKM menjual berbagai makanan di area pelabuhan dan lokasi Sail Tidore 2022, di Pantai Tugulufa,” imbuh Ali Ibrahim.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub Capt. Hendri Ginting mengatakan, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut bekerjasama dengan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) menyiapkan kapal KM. Tatamailau sebagai hotel terapung sebagai akomodasi untuk mendukung kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan Sail Tidore 2022.

“Kita siapkan KM. Tatamailau sebagai akomodasi bagi para peserta untuk tamu, pengunjung dari masyarakat umum, petugas kepolisian, TNI, driver shuttle bus, dll.Selain itu ada juga kamar yang dapat digunakan oleh tamu VIP jika ingin mengunakan fasilitas hotel terapung ini,” ujar Capt. Hendri

Lebih lanjut Capt. Hendri menjelaskan, KM. Tatamailau dapat menampung 1000 orang, yang terdiri dari Kabin Kelas IA berjumlah 7 kamar dan masing-masing dapat diisi 2 orang dengan total sebanyak 14 orang, Kabin Kelas IB berjumlah 10 kamar dan masing-masing dapat diisi 4 orang dengan total sebanyak 40 orang dan Kelas Ekonomi berjumlah sebanyak 946 orang.

BACA JUGA  Pimpin Apel Perdana di 2023, Wakil Walikota Tikep Himbau ASN Berikan Pelayanan Terbaik

“Fasilitas di dalam kapal dapat menunjang aktifitas seperti restoran kapal, mushola, kafetaria, toilet hingga mini market, di sekitar Pelabuhan Soasio juga ada UMKM yang menjual makanan sehingga para penumpang tidak bingung ketika ingin membeli makanan,” jelas Capt. Hendri.

Capt. Hendri juga mengatakan, guna mendukung penyelenggaraan Sail Tidore 2022, ketersediaan angkutan laut sudah siap Speedboat (87 unit), Perahu Motor (12 unit), Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 105, KN Bacan dari Distrik Navigasi Ambon, KN 494 dari UPP Babang, Kapal Penyeberangan milik BPTD Ambon KN. 324 dan untuk pengamanan dikerahkan Kapal Patroli KPLP KNP. 358 dan KNP. 375.

Selain itu juga Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran Sail Tidore 2022, dalam pameran tersebut ditampilkan materi terkait program Tol Laut, Kapal Perintis dan Kapal Ternak.

“Untuk itu Kementerian Perhubungan dalam hal ini Ditjen Hubla, sangat siap dan mendukung penuh penyelenggaran Sail Tidore 2022 ini, petugas kami di lapangan siap melayani untuk menyukseskan penyelenggaraan Sail Tidore 2022,” kata Capt. Hendri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT. Pelni Yahya Kuncoro. (Hms/Uca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here