Kapal Dari Haltim Nyaris Tenggelam Di Perairan Halut

977

KM. Elsada Yang Nyaris Tenggelam (Foto: Rutan CH)

TOBELO, CH – Kapal Motor (KM) Elsada dikabarkan nyaris tenggelam di perairan Halmahera Utara (Halut). Kapal tersebut bertolak dari Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) menuju Pelabuhan Tobelo Halut.

Korpos Basarnas Tobelo, M.Rizal Kamis kepada CerminHalmahera.com mengatakan, sekitar pukul 10:00 WIT, Selasa (28/8/2020) KM. Elsada keluar dari Pelubahan Desa Jara-jara menuju Tobelo dengan membawa 20 orang penumpang serta muatan 5 ton kopra.

“Pada pukul 17:15 WIT, KM. Elsada mengalami kebocoran di perairan Tupu-tupu dan memerlukan bantuan kami,”kata M. Rizal.

Kondisi Kapal Saat Tiba Dengan Selamat Di Pelabuhan Tobelo

Lanjut M. Rizal, sekitar pukul 17:30 WIT, Tim Rescue Kansar Ternate berkoordinasi dengan Korpos Tobelo terkait kecelakaan tersebut. Berselang 5 menit pihaknya kembali melakukan koordinasi dengan KPLP terkait kebenaran berita tersebut.

Selanjutnya, TimĀ  SAR (Search and Rescue) Tobelo melakuakan monitoring dengan pemilik kapal. Namun informasi yang didapat pemilik kapal telah mengirim 1 buah kapal bersama alkon untuk mengeluarkan air yang masuk ke KM. Elsada dan akhirnya kapal tersebut bisa berlayar kembali menuju Tobelo.

BACA JUGA  Dandim 1508 Tobelo Beri Arahan Ke Cata TNI AD

“KM.Elsada tiba di pelabuhan Tobelo Pukul 18:10 WIT dan Seluruh penumpang dan ABK 4 orang dalam keadaan selamat,” jelasnya.

Untuk diketahui unsur yang terlibat dalam pelaksanan ini Anggota Basarnas sebanyak 3 Orang dan dari KPLP sebanyak 4 Orang. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here