Melalui DD Pemdes Gamesan Berhasil Bangun Desa

557
cerminhalmahera
Kepala Desa Gamesan, Edy Nikiyuluw, Memantau Pembangunan Deker Dan Saluran Air (Foto: Nehe CH)


BULI, CH – Perkembangan Desa Gamesan di Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut)  berlahan-lahan mulai ada perubahan yang cukup signifikan. Ini bisa dilihat dari berbagai terobosoan yang diprogramkan oleh Kepala Desa Gamesan Edy Nikiyuluw, dalam membangun desanya.

Pada tahap awal sebagai kepala desa, Edy membangun Gamesan dengan membuka akses jalan baru, penimbunan serta penambahan sertu jalan dalam desa, pembuatan deker dan saluran air. Disebutkan, pembukaan ruas jalan baru dalam desa sepanjang 218 meter dan lebar 6 meter dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2019 sebesar Rp. 216,300,000.  Sedangkan pembangunan dua unit deker dan saluran air panjang 300 meter, juga melalui DD 2019 tahap akhir senilai Rp. 162 juta.

Lanjut Edy, melalui DD 2020 ini pihaknya akan membuka lagi ruas jalan baru sepanjang 300 meter, pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK), serta program pemberdayaan masyrakat. “Kami juga akan membangun pagar dalam desa. Pembangunan pagar ini tidak menggunakan anggaran dari pemerintah daerah, melainkan dari anggaran CSR PT. Antam,” kata Edy disela-sela pemantauan pembangunan deker dan saluran di Desa Gamesan, Rabu (26/2/2020).

BACA JUGA  Warga Bangul Terima BLT Dua Tahap Sekaligus

Pantauan Cermin Halmahera,  Gamesan yang belum lama dimekarkan menjadi desa ini tampak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Gamesan yang dulunya (dusun) penuh dengan rerumputan, pohon sagu dan lumpur tepatnya dibelakang pemukiman warga, kini telah dibangun oleh Edy beserta jajaranya untuk pemukiman warga. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here