Parade Busana Oleh Gabungan Paguyuban di Tikep Warnai Sumpah Pemuda ke-94

81

H. Ali Ibrahim Saat Memimpin Upcara Hari Sumpah Pemuda

TIDORE, CH – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, di Halaman Kantor Walikota Jumat (28/10/2022) pagi.

Upacara dipimpin langsung Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim yang bertindak selaku Inspektur Upacara dan dihadiri Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DWP bersama para Pimpinan OPD dan Pimpinan Organisasi Kepemudaan (OKP) se Kota Tidore Kepulauan.

Pada kesempatan ini, Walikota Kota Tidore Kepulauan membacakan Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainuddin Amali.

Dalam sambutan itu disebutkan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” Tandas Zainudin Amali.

BACA JUGA  DKP Tidore Bakal Alihkan Pengelolan Cold Strorage di Pulau Maitara ke Pihak Ketiga

Zainudin Amali juga mengajak kepada semua pihak, jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat bersama membangun bangsa.

Petugas dalam upacara ini, Perwira Upacara Sektari Purna Paskibraka Indonesia Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Juhdi Ahmad, Komandan Upacara, Anggota OKP Pemuda Pancila Kota Tidore Kepulauan, Sofyan Muhlis, Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Ahdar Ahmad dari Pemuda Muhammadiyah, Penggerek Bendera dari Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan , dan Pembaca Ikrar Pemuda Indonesia adalah Gabungan Organisasi Paguyuban Kota Tidore yang berjumlah delapan orang.

Usai Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 dirangkaikan dengan Parade Busana oleh Gabungan Organisasi Paguyuban Kota Tidore Kepulauan yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Kota Tidore Kepulauan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Walikota Jumat (28/10) pagi.

Gabungan Organisasi Paguyuban Kota Tidore Kepulauan turut meramaikan dengan mempersembahkan Parade Busana dari masing-masing daerah.

Dalam Parade Busana ini mempersembahkan dan memperkenalkan pakaian adat tradisional diantaranya Ikatan Keluarga Indonesia Gorontalo, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Paguyuban Keluarga Pandawa, Kerukunan Keluarga Kawanua, Himpunan Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara, Kerukunan Keluarga Pasunda Tidore, Paguyubab Ambon dan Paguyuban Minang.(Hms/Uca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here