PDAM Halbar Prediksi Jumlah Pelanggang Bakal Meningkat Di Akhir Tahun

53
Kantor PDAM Halbar

HALBAR, CH- Pihak Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, memprediksi jumlah pelanggan hingga di akhir tahun ini akan meningkat hingga 9.000 pelanggang. Jumlah ini diprediksi meningkat karena masih ada pelanggang yang terus mendaftar.

Padahal, data dari PDAM Jailolo mengalami flutuasi atau naik turun. Di 2020 jumlah pelanggang 8.550, sementara dari Januari hingga Agustus 2021 jumlah menurun menjadi 8.404 pelanggang. Meski demikian, jumlah ini akan diprediksi naik hingga 9.000 pelanggang di akhir 2021.

“Kami memprediksikan hingga pada akhir bulan desember 2021 pelanggannya bisa mencapai 9000, karena kita melihat sekarang waktu 7 bulan 2021 itu jumlah pelanggannya saja suda 8.404 orang,” kata  Kepala PDAM Jailolo, Iksan M. Nur, baru-baru ini.

Iksan menuturkan, tampa disadari di lapangan hampir setiap waktu warga dari luar daerah datang berdomomisi di Halbar. Mereka membangun rumah maupun inde kos yang nantinya membutuhkan air dari PDAM.

Iksan menjelaskan, terjadi penurunan pelangang mungkin disebabkan karena  pengaruh Covid-19 yang membuat warga datang ke Halbar.

BACA JUGA  Sengketa Lahan di Pasar Desa Tongute Ternate Ada Titik Terang

“Waktu itu  masi tinggi terjadi di luar daerah Halbar, seperti di Kota Ternate, Tobelo dan lain-lain membuat orang-orang hawatir datang di Halbar untuk menikah lalu membangun rumah atau berdagang,” jelasnya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here