Pemda Sula Tahun Ini Usulkan Bantuan ke BNPB Untuk 4 Desa

245

Hi. Buhari Buamona, kepala BPBD Kepsul

SANANA, CH- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berupaya melakukan penanganan bencana alam yang dialami beberapa desa akibat cuaca buruk dan air pasang yang terjadi beberapa bulan lalu.

Salah satu cara yang dilakukan BPBD adalah mengusulkan bantuan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) untuk 4 desa yang terkena dampak bencana alam.

Diantaranya, Desa Fuata Kecamatan Sulabesi Selatan, Desa Mangoli Kecamatan Mangoli Tengah, Desa Nahi Kecamatan Sulabesi Barat dam Desa Capalulu Kecamatan Mangoli Tengah.

“Jadi empat desa tersebut yang diusulkan ke BNPB pusat, sementara tinggal diverifikasi,” kata Hi. Buhari Buamona, kepala BPBD Kepsul, kepada media ini senin (17/01/2022).

Buhari mengatakan belum mengetahui kapan bantuan itu datang. Tetapi menurutnya, bantuan itu datang dan tidaknya tergantung hasil komunikasi BPBD Kepulauan Sula dengan BNPB pusat.

“Intinya kita tetap berkordinasi dengan BNPB pusat agar di tahun ini kita bisa bangun talud panahan ombak yang ada di beberapa desa tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA  Pemdes Johar Manfaatkan Silpa DD Bangun Setapak

Lanjut Buhari pihaknya juga berusaha mengusulkan bantuan ke BNPB untuk lebih dari 4 desa tersebut. Mengingat di Kepulauan Sula sering terjadi banji dan hantaman ombak ke pemukiman warga.

Reporter: K-P
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here