Pemdes Momole Salurkan Bantuan Jaring Ke Nelayan Giop

799

Penyerahan Bantuan  Jaring Ke Nelayan Oleh Kepala Desa Momole, Nasruddin Mahmud (Dok: Pemdes Momole) 


MABA, CH- Pemerintah Desa Momole di Kecamatan Maba Selatan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) kembali menyalurkan bantuan ke pihak nelayan. Bantuan ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap masyarakat.

Bantuan kali ini berupa alat tangkap jaring giop sebanyak 18 ball. Sebelumnya beberapa bulan lalu Pemdes Momole juga menyalurkan bantuan berupa perahu nelayan disertai dengan mesin ketinting. Jaring 18 ball ini diserahkan langsung oleh Kades Momole, Nasruddin Mahmud ke 18 kelompok nelayan. Setiap kelompok beranggotakan 7 sampai 10 orang.

Kepada Cermin Halmahera, Nasrudin menjelaskan, bantuan berupa alat tanggkap itu dianggarkan melalui Dana Desa (DD) tahap III Tahun 2019. Menurutnya, pemberdayaan terhadap nelayan ini harus dilakukan karena karena masyarakat Momole sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. “Maba Selatan memiliki potensi laut yang sangat menjanjikan terutama perikanan. Para nelayan selama masi kesulitan karena tidak ditunjang dengan alat tangkap yang memadai. Untuk itu kami anggarkan melalui DD untuk memenuhi kebutuhan para nelayan,” kata Nasruddin, Senin (21/1/2020).

BACA JUGA  Pemdes Dorolamo Sukses Gelar Musdes 2021
Bantuan Jaring

Selain para nelayan, pemberdayaan juga akan dilakukan oleh para petani serta kerajinan tangan. Namun program pemberdayaan ini akan dilakun secara bertahap karena masih banyak program fisik yang menjadi prioritas masyarakat.

Nasruddin berharap, dengan adanya bantuan berupa alat tangkat nelayan ini bisa memberikan semangat bagi nelayan untuk menumbuhkembangkan perekonomian yang ada di desa tersebut. “Harapan bisa memberi semangat baru, serta dapat dimanfaatkan oleh para nelayan untuk pengembangan ekonomi desa,”harap kades yang masih berusia muda tersebut. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here