PT. NHM Siap Beli Komoditas Masyarakat Lingkar Tambang

256

Pertemuan pihak PT. NHM Dengan Para Kepala Desa Lingkar Tambang di Jakarta


TOBELO,CH – Presiden Direktur (Presdir) PT Indotan Halmahera Bangkit, H Robert Nitiyudo Cahjo dan juga pemilik baru saham PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), menggelar pertemuan bersama perwakilan pemerintah desa se Kecamatan Kao-Malifut.

Pertemuan yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu itu, disepakati bahwa PT. NHM akan  bersedia membeli komoditas masyarakat lingkar tambang.

“Saat pertemuan bersama perwakilan pemerintah desa di lingkar tambang, NHM tetap komitmen membeli komoditas masyarakat sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” kata Amin Anwar Perwakilan PT. Indotan Halmahera Bagkit melalui rilis yang dikirim ke sejumlah wartawan, Sabtu (29/08/2020).

Menurutnya, ini merupakan tanggungjawab perusahan dalam rangka mendorong peningkatan perekonomian, pendidikan, sosial, budaya, kesehatan dan lingkungan kehidupan masyarakat sekitar tambang baik secara individu maupun kolektif agar kehidupan masyarakat dilingkar tambang menjadi lebih baik dan mandiri.

“Kerja sama perusahaan dengan pemerintah baik pusat maupun daerah bahkan dengan pemerintah desa setempat agar bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.”sebutnya

BACA JUGA  Gara-Gara Corona, Tahun Ini CJH Halut Batal Berangkat Haji

Sementara, Ketua Forum Kades Kecamatan Kao Teluk, Iskandar H Karim, yang turut dalam pertemuan tersebut, menuturkan pihak perusahaan telah bersedia untuk membeli produk-produk lokal masyarakat, khususnya pertanian, perikanan, dan peternakan.

“Jadi ke depan, harus ada koperasi disetiap kecamatan di lingkar tambang yang akan mengelolanya dan akan berhubungan dengan BUMDes di setiap desa.”ungkapnya

Iskandar juga mengaku, masyarakat tani dan nelayan di Kecamatan Kao-Malifut yang selama ini kesulitan memasarkan hasil komoditas padahal ada perusahan raksasa yang ada di wilayah lingkar tambag.

“Selama ini masyarakat lingkar tambang sangat sulit menjual komoditasnya ke PT. NHM,”cetusnya

Iskandar juga menambahkan, kwalitas potensi komoditas baik di sektor perikanan, pertanian, dan peternakan di wilayah lingkar tambang tak kalah jauh dengan daerah lain bila dioptimalkan.

“Karena itu kami bersepakat untuk memebuhi kebutuhan logistik perusahan di pasok dari wilayah lingkar tambang, bukan dari luar daerah Maluku utara,”cetusnya. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here