PWI Sesalkan Sikap Kepala BPN Halut

226

Ketua PWI Halut, Rachman Baba (Foto: Rustam CH)


TOBELO, CH – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) tampak kesal dengan sikap

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Halut, Ikram Abd Haris. Pejabat publik ini dinilai tidak koperatif dan tidak menjaga etika komunikasi.

Pasalnya, saat dihubungi via WhatsApp oleh Al Ashar salah seorang wartawan media Mata Publik, Ikram membalas dengan cara yang dianggap melecehkan kinerja para wartawan.

Demikian isi percakapan

Ini bukti percakapan wartawan dengan kepala BPN Halut

“Saya mau konfirmasi terkait kuota prona di Halut untuk tahun 2021. Ini kan bagus jika di publis sehingga masyarakat juga tahu dengan program pemerintah pusat agar mempermudah masyarakat memiliki sertifikat tanah secara gratis,” kata Al Ashar yang juga Bendahara PWI Halut, Rabu (13/01/2021).

Al Ashar merasa bingung dan khawatir jika nomor yang diberikan salah satu rekan wartawan bernama Wiliam Wekes itu salah. Sebab jawaban dari Kepala Pertanahan Halut ini dianggap tidak layak sebagai pejabat publik.

Untuk membenarkan nomor tersebut milik Ikram atau tidak, Al Ashar pun meminta agar rekanya Wiliam Wekes segera menghubungi kembali nomor yang bersangkutan dan disampaikan bahwa nomor kontak tersebut memang milik Kepala BPN Halut.

BACA JUGA  Kejar Jaringan, Siswa MTs Nurul Huda Ujian Sekokah Dibawah Terpal

“Tadi Wily sudah hubungi dan memang benar itu nomor kontak kepala BPN Halut Ikram Abd Haris,” akunya.

PWI menilai sikap Ikram sendiri menunjukan perbedaan yang jauh dengan Kepala KPN Halut sebelumnya yang diduduki Arman Anwar dan Ruslan Pawah yang dinilai komunikatif dengan para awak media terkait degan informasi yang ingin disampaikan ke publik untuk diketahui oleh masyarakat.

Ketua PWI Halut, Rachman Baba mengatakan, perlu diketahui wartawan adalah bagian dari sosial kontrol yang di lindungi oleh undang-undang pada saat melakukan tugas jurnalistik, insan pers (Media) adalah mitra pemerintah yang mempunyai peran yang besar dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat berkaitan dengan keberhasilan capaian program yang telah dilaksanakan.

“Kami sangat sesalkan sikap dari seorang pejabat publik yang tidak paham dengan etika komuikasi, dan tidak menunjukan sikap non kooperatif dengan awak media. Seharusnya pejabat publik seperti ini (Ikram Abd Haris) wajib dievaluasi pimpinan dalam hal ini Kakanwil BPN Provinsi Malut,”tegasnya. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here