Tikep Dapat Penghargaan Penyaluran DD Terbaik Se Malut

461

Penyerahaan Penghargaan Oleh Gubernur Malut, KH. Abdul Gani Kasuba ke Walikota Tikep, Capt. H. Ali Ibrahim

TIDORE, CH- Kerja keras Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dalam menyalurkan Dana Desa (DD)  mendapat apresiasi dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara (Malut), karena dianggap berhasil. 

Bahkan,  Kota Tikep mendapat penghargaan sebagai penyaluran DD terbaik ke I tahun anggaran 2019 se Propinsi Malut, yang diserahkan langsung oleh Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba didampingi Plt. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Malut, Sudarmanto di sela-sela kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi TKDD Malut  2020 yang dipusatkan di Hotel Grand Dafam Ternate, Kamis (21/11) pagi.

KH. Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya mengatakan, sesuai amanat Presiden RI besarnya APBN yang dikelola dan digunakan daerah serta besarnya perhatian pusat kepada daerah, maka  harus dimanfaatkan anggaran tersebut dengan baik untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan rakyat di Malut. 

“Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan cara kita bergerak dan perubahan mindset , pola-pola lama harus ditinggalkan dan memulai secepatnya belanja terutama belanja modal. Segera dilakukan lelang, pelaksanaan kegiatan sudah dimulai pada bulan Januari jangan ditunda-tunda,” tegasnya. 

BACA JUGA  PDK Tidore Utara Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang

Abdul Gani Kasuba juga meminta kepada pimpinan lembaga dan kepala daerah se Malut yang hadir  untuk memastikan dan mengawal terlaksananya berbagai program prioritas yang sudah dicanangkan dan didukung oleh birokrasi yang efisien, melayani dan mampu bekerja secara tim. “Tugas pemerintah adalah menjamin bahwa program pemerintah telah diterima, bukan hanya menjamin telah dikirim,” tandasnya.

Sementara itu Plt. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Malut, Sudarmanto dalam sambutannya mengatakan perwujudan dari strategi APBN  2020 di Malut memerlukan dukungan dari para Kepala daerah, Pimpinan SKPD serta seluruh jajaran pemerintahan yang menjadi penanggung jawab  program-program pembangunan yang telah direncanakan  dalam tahun anggaran 2020, untuk pencapaian target pembangunan dalam memacu pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran, dan kemiskinan serta pemerataan pembangunan.

Sudarmanto juga mejelaskan alokasi belanja Negara di Malut untuk 2020 sebesar Rp.15,4 Triliun.  “Terjadi penurunan sebesar 0,9 persen dibandingkan tahun 2019 yang berjumlah Rp.15,5 Triliun. Adapun dana transfer yang diterima Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sebesar Rp.739,67 miliar,” sebutnya. 

Sementara itu Walikota Capt.H. Ali Ibrahim usai menerima DIPA 2020 mengatakan Pemerintah Kota Tikep akan menyesuaikan dengan program prioritas nasional sesuai hasil Rakornas bersama Presiden. “Adapun arahan yang disampaikan oleh bapak gubernur agar proyek-proyek DAK sudah bisa dilelang secepatnya pada awal tahun anggaran juga merubah mindset pemakaian anggaran agar jangan di tunda-tunda,” tukasnya.

BACA JUGA  Anggaran TPP ASN Tikep Tetap 75 M

Turut mendampingi Walikota dalam penyerahan DIPA 2020 ini, Kaban Bapelitbang, Dr. Syofyan Saraha, Kaban BPKAD, Mansyur dan Kadis PUPR, M. Ade Soleman. (Red)

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here