UD. Tiga Putra Halmahera Bakal Produksi Kopra Putih Dengan Metode Oven

216

UD. Tiga Putra Halmahera

HALBAR, CH-Dalam mengembangkan mutu produksi pertanian terutama produksi kopra. Usaha Dagang (UD). Tiga Putra Halmahera bakal memproduksi kopra putih dengan menggunakan metode Oven di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Dengan menggunakan metode oven tersebut kualitas kopra putih di Halmahera Barat bisa bersaing di pasar ekspor. Hal ini disampaikan oleh Direktur UD.Tiga Putra Halmahera, Erwan Frasetyo kepada Cermin Halmahera melalui pesan Watsap, Jumat (30/7/2021).

Erwan mengatakan, untuk mendongkrak penambahan pendapatan kelapa maka pihaknya berinisiatif untuk membuat satu langkah maju denga memproduksi kopra putih dengan sistem Oven sebagai pengganti menjemur kopra di bawah sinar matahari jika dalam musim hujan.

Erwan juga menambahkan bahwa metode penjemuran menggunakan oven yang di lakukan oleh UD.Tiga Putra Halmahera tidak mempengaruhi kualitas kopra.

“Dengan menggunakan metode oven yang kita punya, kualitas kopra putih Halmahera barat bisa bersaing di pasar ekspor”. lanjutnya

Erwan juga berharap agar pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan metode oven bisa menjamur atau berkembang di Maluku Utara.

BACA JUGA  Sertijab Chuzaemah Djauhar Dan Sahmi Salim Berjalan Khidmat

Sementara, Abd. Rahim Syaraha penangung jawab devisi operasional UD.Tiga Putra Halmahera mengatakan, pertengahan Agustus 2021 UD Tiga Putra Halmahera yang beroperasi di Desa Rioribati, Kecamatan Jailolo Selatan ini akan mengeluarkan produk kopra putih pertama dengan menggunakan oven.

“Jadi target kita pertengahan bulan Agustus ini kita akan loncing produksi kopra putih perdana menggunakan oven,”ungkap pria yang akrab disapa Boym.

Boym menyatakan, Sekarang pihaknya masih terus melakukan pembangunan Oven dan beberapa bangunan penunjang lainnya. Saat ini sudah 80% rampung. Pihaknya juga tengah melakukan pengumpulan bahan baku (buah kelapa) yang di beli dari masyarakat.

“Selain Eksport Kopra Putih (White Coora) baik Edible maupun Reguler kita juga mengesport Asap cair (Smoke Liquid) dan Arang Tempurung (Bricket) dan loncing nanti kami akan undang Gubernur Malut, Bupati Halmahera Barat dan dinas terkait lainnya,”

Diketahui, Tiga Putra Halmahera Lebih memilih metode Oven Untuk produksi kopra putih karena Lebih rama lingkungan atau tidak menimbulkan polusi udara dan hasil dari produksinya pun lebih higienis atau bersih serta berkualitas dibandingkan dengan metode yang lain.

BACA JUGA  Sekda Halbar Lantik 4 Pejabat

“Selain itu di targetkan, Kopra Halbar bersaing di pasar global  agar PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari kopra itu ada, karena selama ini tidak ada di Halmahera Barat sama sekali, orang Manado dan Surabaya yang dapat PAD kopra karena mereka olah kopra dari  Malut  baru ekspor,”ujarnya.

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here