Usai Melakukan Pemuatan, Kapal Tujuan Surabaya Ini Terbakar

 

KM. Bella Vista Saat Terbakar

SANANA, CH- Kapal Motor (KM) Bella Vista hangus terbakar. Kapal tersebut terbakar bersama ratusan ton barang yang siap di bawah ke Surabaya.

Peristiwa naas itu terjadi di Pelabuhan Desa Malbufa, Kecamatan Sanana Utara Kabupaten Kepulauan Sula pada, Selasa (8/8/2023) sore sekitar jam 5 lewat.

Kapal tersebut terbakar usai melalukan pemuatan ribuan sak berisi kopra, gagang cegkeh dan arang tempurung. Dengan Total muatan diperkirakan lebih dari 400 ton.

Menurut para saksi mata, api mulai ke luar dari salah satu kamar Anak Buah Kapal (ABK) di bagian belakang kapal. Warga bersama pelaut lainya mencoba memadamkan api dengan sebuah mesin alkon. Hingga dua mobil pemadam kebakaran diarahkan ke pelabuhan untuk memadamkan api.

Namun kondisi kapal dengan seisinya yang mudah terbakar, membuat kepulan api sudah dipadamkan. Hingga sekitar pukul 21.00 WIT, api belum berhasil dipadamkan.

Dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa, seluruh ABK dan Nakhoda berhasil menyelamagkan diri sebelum api menjelar ke seluruh badan kapal.

Hanya saja, kopra milik Hi. Bunga sekitar 1000 sak, kopra milik Mantan Bupati Sula, Hendrata Thes dengan sekitar 1000 dan gagang cengkeh milik Ci Mia ludes terbakar. Kerugian diperkirkan mencapaian miliaran rupiah.

“Kapal ini suda memuat barang barang untuk diberangkatkan ke Surabaya, namun karena cuaca laut tidak bersahabat maka menunda keberangkatan,” kata Sahri Umasugi, selaku karyawan Hi. Bunga pemilik kopra di dalam kapal naas tersebut.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui penyebab kebakaran kapal tersebut. (K-P)

Show More
Back to top button