Wakil Bupati Halbar Sebut BPD Adalah Dewan Desa Untuk Mengontrol Pemerintah Desa

68

Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad Saat Hadiri Kegiatan di Kantor Camat Loloda  


HALBAR, CH- Tugas dan tanggungjawab Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sering disalahgunakan. Sebagai fungsi kontrol, mereka lebih melindungi pemerintah desa ketimbang membelah hak rakyat.

Hal ini tidak diinginkan oleh Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar), Djufri Muhammad. Orang nomor dua di Pemkab Halbar ini menyebutkan tugas dan tanggungjawab BPD adalah menuyusun perdes, menetapkan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) dan melakukan fungsi kontrol ke Pemerintah Desa.

“Jadi kalau BPD melakukan fungsi kontrol itu adalah tanggung jawab mereka sebagai dewan di desa,” tegas Djufri saat menghadiri kegiatan Singronisasi Program Pririotas Pemda dan Desa yang dilakukan di Kantor Camat Loloda pada, 17 Juni 2021 kemarin.

Mantan anggota DPRD ini berharap kepada Pemerintah Desa dan BPD se kecamatan Loloda agar segera melakukan Singronisas program dari Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah.

Djufri mengaku saat ini Pemerintah Daerah masi merevisi RPJMD (Rancangan Program Jangka Menengah Daerah) untuk singronisasi program Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa.

BACA JUGA  September Nanti, 15 Gerai Indomaret Beroperasi Di Halbar

“Jadi kalau singronisasi APBD (Anggran Pendapatan Belanja Daerah) dan APBDes itu jalan, maka akan terjadi tindak lanjut dengan revisi RPJMdes. Jadi ini tugas BPD, dimana mendorong Pemdes untuk lakukan singroniasi program baik bersumber dari APBD maupun APBDes,” tuturnya.

Singkronisasi ini difokuskan pada pendidikan, kesehatan, listrik dan jaringan komunikasi dan ditargetkan dalam tahun ini sudah harus berjalan.

Dalam kesempatan itu, Djufri juga meminta jika ada putra puteri yang cerdas bisa di rekomendasikan ke Pemerintag Daerah untuk melanjutkan pendidikan ke luar daerah.

“Orang Loloda harus berani sekolah menjadi dokter, karena kita disini masi mengandalkan orang luar. Maka saya dengan pak bupati berkomitmen harus ada anggaran pada pendidikan,” ujarnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here