Awal November, Bawaslu Tikep Rekrut Panwascam

450

Ketua Bawaslu Tikep, Bahrudin Tosofu, SH

TIDORE,CH-Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu)  Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dalam waktu dekat akan melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Ditargetkan pada akhir November 2019 mendatang, sudah dilakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan.

“Karena mereka ini akan mengawasi proses verifikasi faktual sebagai syarat calon independen di bulan Januari 2020, ini sebagai mana disampaikan Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu – RI,” kata Ketua Bawaslu Tikep, Bahrudin Tosofu, SH saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (3/10/2019).

Kata Kudin sapaan Ketua Bawaslu Tidore, untuk Panwaslu Kelurahan/Desa pembentukannya dilakukan pada Januari 2020 dan untuk Pengawas TPS pembentukannya dilakukan satu bulan sebelum hari pemungutan suara.

“Perekrutan Panwascam akan dilaksanakan pada awal November. Harapannya rekrutmen ini dilakukan secara terbuka dan independen, sehingga melahirkan Panwascam yang bisa memahami kondisi lapangan dalam konteks pengawasan Pilkada,” harapnya.

Meski demikian, Ketua Bawaslu Kota Tidore mengatakan bahwa hingga kini pihaknya masih menunggu juknis (arahan) dari Bawaslu Maluku Utara terkait dengan perekrutan Panwascam, sehingga dengan begitu dalam perekrutan nanti pihaknya akan memperketat perekrutan Panwascam di Tikep. “Misalnya ada PNS, kita akan selektif dalam memilih orang – orang terbaik,” ujarnya.

BACA JUGA  Tikep Dapat Penghargaan Penyaluran DD Terbaik Se Malut

Menurut Kudin, Pilkada 2020 ini tensinya sangat tinggi, untuk itu pihaknya akan memilih anggota Panwascam yang terbaik. Dirinyq mengajak kepada  masyarakat dan element pergerakan di Kota Tikep bisa mengawasi proses perekrutan yang akan diselenggarakan  pada bulan November nanti. “Kami  akan pastikan dalam seleksi Panwascam nanti tidak ada titipan -titipan,” tegasnya. (Red)

Reporter : Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here