DD Soagimalaha Fokus PKTD Dan BLT

536

Program PKTD Soagimalaha Yang Saat Ini Sudah Mulai Jalan (Foto: Ilham CH)


MABA, CH- Program Dana Desa (DD) untuk tahap I (satu)  2020 Desa Soagimalaha di Kecamatan Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) difokuskan pada dua aitem, yakni Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga yang berhak menerima.

Kepala Desa Alimudin Sapil menjelaskan, dua program yang difokuskan saat ini merupakan skala prioritas berdasarkan Perintah Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 6 Tahun 2020. Dengan demikian pemerintah desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) telah bersepakat untuk melakukan penyesuain  kegiatan yang yang difokuskan pada dua aitem tersebut.

Untuk PKTD, program kegiatan yang telah dilaksanakan yakni pembangunan rabat jalan pemukiman sepanjang 250 meter dengan nilai Rp. 41.075.000, saluran air  dengan volume panjang 76 meter dan  lebar  60 cm dengan nilai Rp.55.265.000, serta lampu penerangan jalan senilai  Rp.61.157.900.

Sementara untuk BLT, anggaran yang disiapkan sebesar  Rp.274.500.000 atau 30 persen dari pagu DD. Untuk penyaluran BLT, pemerintah desa saat ini masih melakukan pendataan terhadap warga Soagimalaha yang berhak menerima sesuai dengan kriteria yang diatur dalam Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 6 Tahun 2020. “Setelah selesai pendataan, pemerintah desa bersama BPD melakukan musdes penetapan dan selanjutnya penyaluran,”kata Alimudin, Minggu (3/5/2020) seraya menyampaikan untuk penyerahan bantuan sembako ke warga kurang mampu akibat Covid-19 sudah disalurkan melalui bantuan dari PT. Antam. (Red)

BACA JUGA  Mursid Amalan Gelar Reses Di Kecamatan Maba

Reporter: Ilham Hasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here