Dorong Penerapan Teknologi Pertanian dan Kelautan, Walikota Tikep Kunjungi BRIN

81

H. Ali Ibrahin Bersama Rombongan Saat Menngjungi Kantor   BRIN

TIDORE,  CH – Wali Kota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim berkunjung ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Jakarta. Kunjungan ini untuk mendorong penerapan teknologi pertanian dan perikanan demi mewujudkan kedaulatan pangan di daerah.

Ali Ibrahim menyamoaikan, BRIN merupakan satu-satunya lembaga riset yang diyakini bisa mendorong percepatan penerapan teknologi Pertanian di Kota Tidore.

“Ada sekitar 80 lembaga riset dan 10.000 peneliti di BRIN yang akan kita bangun koordinasi,” ungkap Ali Ibrahim saat mengunjungi Kantor Pusat BRIN di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Menurutnya, Kota Tidore juga akan mendorong potensi pengembangan 10 bahan pangan pengganti beras melalui riset dan inovasi. Kedepan,  perlu lebih banyak riset sebagai basis pengambilan kebijakan, termasuk pertanian dan perikanan.

“Basis kebijakan daerah nanti menggunakan prinsip science base policy,” jelas Ali yang juga bakal calon Gubernur Maluku Utara.

Sementara itu, Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi menyampaikan sangat bangga dan menyambut baik kunjungan Walikota dan rombongan ke kantornya. Yopi mengatakan, BRIN akan terus melakukan pendampingan dengan BRIDA untuk penguatan riset dan inovasi di daerah.

BACA JUGA  Meski Beda Pilihan, Wawali Minta Dukungan Golkar Untuk Bangun Tikep

“Jadi BRIDA tidak sekedar ganti baju, tetapi benar-benar menjadi transformasi kelembagaan, semua kebijakan di daerah harus berbasis riset,” kata Yopi.

Terkait pembentukan kelembagaan BRIDA, Munawar Sudin, Kepala Bagian Organisasi mengatakan, Walikota Tidore Kepulauan sangat peduli dan menginginkan percepatan kelembagaan BRIDA di daerah.

“Pak wali sudah menandatangani SK Tim pembentukan kelembagaan. Selain itu kami sudah diperintahkan pak wali untuk menyiapkan draft Ranperda Terkait Perubahan Perangkat Daerah, tinggal melengkapi beberapa dokumen yang menjadi persyaratan dikeluarkannya rekomendasi BRIN,” ujar Munawir (Hms/Uca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here