GMPT Minta Lurah Toloa Mundur Dari Jabatan

913
cerminhalmahera
GMPT Gelar Aksi Minta Lurah Toloa Mundur Diri (Foto: Musa CH)

TIDORE, CH – Generasi Mahasiswa Pelajar Toloa (GMPT) bersama masyarakat melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Keluarahan Toloa Kecamatan Tidore Selatan Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Masa aksi meminta agar Lurah Toloa Kasman Doa segera mundur dari jabatanya karena dianggal gagal dalam menjalankan program kerja di kelurahan.

Menurut masa aksi, selama 5 tahun menjabat sebagai Lurah Toloa, Kasman Doa belum ada program kerja yang nyata serta tidak transparansi dalam pengelolaan anggara. “Harusnya ada transparansi anggaran dari Kelurahan sebab prinsip – prinsip pengelolaan anggaran dikedepankan, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana Kelurahan harus dilakukan oleh lurah bersama stakeholder kelurahan. Ganti pak Lurah sekarang juga, kami atasnama masyarakat Kelurahan Toloa menuntut agar lurah mundur dari jabatannya,” teriak Munir Marajabessy dalam orasinya, Rabu (11/3/2020).

Lanjut dia, sesuai dengan Permendagri nomor 130 Tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, pada pasal 3 poin (1), kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 huruf a, digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat. “Maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah kelurahan dalam merumuskan dan melaksanakan program kerja yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tuturnya.

BACA JUGA  Pernyataan Gubernur Soal Batas Wilayah Kota Sofifi, DPK KNPI Oba Ancam Gelar Aksi

Dalam menanggapi aksi tersebut, Lura Toloa Kasman Doa dihadapan masa aksi mengatakan, transparansi anggaran serta pemberdayaan masyarakat semuanya sudah ada dalam usulan Musrembang beberapa hari lalu. “Dari pelatihan menjahit untuk Ibu-ibu serta pelatihan pemuda serta kegiatan fisik lainnya, itu semua Kelurahan tidak pernah mengambil kebijakan sendiri,”jelasnya.

Terkait dengan desakan pengundurun diri, Kasman mengaku sudah berulang kali melakukan permohonan pengunduran diri kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore. “Saya sudah ulang kali minta mundur dari jabatan sebagai lurah, dan itu sudah disampaikan ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota, tapi hal itu tidak di respon,”akunya. (Red)

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here