Ali Ibrahim Apresiasi Deklarasi Gaskan Yang Dilakukan Bawaslu Kota Tidore

Amru Arfa l, Ketua Panwaslu Kota Tidore Kepulauan Saat Memberikan Sambutan

TIDORE, CH – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan menggelar Deklarasi Gerakan Awasi Kampanye (GASKAN). Deklarasi ini dibuka langsung oleh Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim.

Deklarasi yang berlngaubg di Kawasan Wisata Tugulufa, Jumat (24/11/2023) malam ini ikut dihadiri oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Forkopimda Anggota DPRD, Ketua KPU, Ketua/anggota Bawaslu Provinsi Maluku Utara, pimpinan partai Politik se Kota Tidore, Kepala Sekretariat Bawaslu Se Provinsi Maluku Utara, Pimpinan OPD di lingkup Pemda Kota Tidore, Panwaslu Kecamatan se Kota Tidore dan para ketua pemuda, komunitas , Insan Pers dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Mengawali sambutannya, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim mengatakan, GASKAN menjadi momentum penting dalam mengawal proses demokrasi, terutama dalam menyongsong pesta demokrasi, acara ini bukan hanya sekadar pertemuan biasa, namun sebuah panggung untuk menyatukan tekad, semangat, dan komitmen dalam memastikan jalannya proses demokrasi yang adil, transparan, serta bebas dari segala bentuk pelanggaran.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan kami mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gerakan Awasi Kampanye yang digelar untuk menandai gegap gempita PEMILU 2024,” ucapnya.

Walikota dua periode ini berharap melalui Gerakkan Awasi Kampanye, dapat mewujudkan wujudkan pemilu yang berkualitas, dan bebas dari pelanggaran lainnya.

“Mari kita jadikan keberagaman sebagai kekuatan, dan semangat gotong royong sebagai fondasi utama dalam menjaga kedaulatan suara rakyat,” ajaknya.

Sementara, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Rusli Saraha dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Bawaslu Kota Tidore Kepulauan yang telah mendapatkan Awards dari Bawaslu RI sebagai Humas Awords kategori postingan media Sosial yang inovatif.

Rusli menambahkan, spirit pengawasan partisipatif yang digaungkan oleh Bawaslu RI dengan metode pencegahan yang kreatif dan kondusif ini telah benar-benar dilakukan oleh Bawaslu Kota Tidore dalam konteks membangun pemilu yang bermartabat kedepan dengan mempertahankan nilai-nilai perdamaian yang telah dijaga.

“Masyarakat Kota Tidore benar-benar ingin memastikan bahwa pemilu kedepan berjalan secara martabat tanpa ada praktek politik uang karena sudah banyak catatan yang menyatakan bahwa pemilu dengan model praktek politik transaksional itu melahirkan pemimpin yang punya beban besar untuk kepentingan pribadi,” kata Rusli.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Daerah dibawah kepemimpinan Capt Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen yang telah memberikan kesempatan kepada kami semua terutama kepada Bawaslu Kota Tidore untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat di Kota Tidore, serta pemilu di Kota Tidore selalu berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” ucap Rusli.

Senada juga disampaikan, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Amru Arfa mengatakan, gerakan awasi kampanye atau biasa disebut dengan GASKAN pada Pemilu 2024 adalah bentuk dari tujuh program pengawasan yang diluncurkan oleh Bawaslu RI yang pada akhirnya BawasluKota Tidore melakukan satu program inovasi yang tidak lain adalah bagian darii program partipatif yang digagas oleh Bawaslu RI.

“kegiatan ini pada prinsipnya untuk mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Tidore Kepulauan untuk sama-sama kita melakukan pengawasan dalam proses kampanye yang akan dilaksanakan selama 75 hari kedepan, yang dimulai pada tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024,” Kata Amru

Amru juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kota Tidore Kepulauan dan berharap kerjasama antara pemerintah kota dan Bawaslu tetap terjaga.

“Atas nama pimpinan Bawaslu Kota Tidore Kepulauan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore dalam hal ini Walikota dan Wakil Walikota Tidore yang telah mendukung kegiatan ini hingga terlaksana pada malam hari ini, semoga kerjasama antara pemerintah dengan Bawaslu tetap terjalin dengan baik demi wujudkan pemilu yang damai di Kota Tidore Kepulauan,” Tambah Amru

Kegiatan GASKAN Pemilu 2024 ini diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai dan bermartabat oleh para ketua partai Politik di KotaTidore Kepulauan dan disaksikan oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim, Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Kapolresta Tidore Kombes Pol Yuri Nurhidayat, Ketua KPU Kota Tidore Abdullah Dahlan, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara Rusli Saraha, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Amru Arfa.

Kegiatan GASKAN pada Pemilu 2024 juga diisi dengan orasi kampanye damai dan bermartabat oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Maluku Utara Abdul Asiz Marsaoly, S.IP, MSi serta Live Music, serta special perform dari Alan Dermawan. (Uca)

Show More
Back to top button