Bersihkan Material Banjir, Tiga Kekuatan Di Halut Gabung Jurus

118

Bersihkan Material Paska Banjir Di Kao Barat Halut (Rustam CH) 


TOBELO, CH – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) bersama pihak TNI-Polri mulai melakukan pembersihan terhadap material di pemukiman warga akibat banjir yang melanda warga 6 Desa di Kecamatan Kao Barat beberapa hari lalu.

Pembersihan paska banjir ini, Pemda Halut menerjunkan 1 SST personel Satpol PP dan BPBD Halut. Dibantu oleh pihak TNI dari 2 SST personel Kodim 1508/Tobelo, 1 SST personel Kipan C Yonif RK 732/Banau dan dari Polri, 1 SST personel Polres Halut, 1 SST personel Kompi 1 Yon A Pelopor. Serta dibantu warga setempat.

Bupati Halut, Ir. Frans Manery mengatakan, bencana alam yang menimpa wilayah Kao Barat tentu menjadi perhatian selaku pemerintah daerah untuk dilakukan bakti sosial.

“Saya selaku Pemerintah Daerah bersama-sama dengan TNI-Polri, yang dimana melaksanakan bakti sosial terkait dengan bencana alam yang menimpa di wilayah Kao Barat secara menyeluruh yang menimpa di 6 Desa,”kata Frans, Senin(18/1/2021)

Orang nomor satu di pemkab Halut ini juga menjelaskan, akibat dari luapan Sungai Wailamo sehingga menyebabkan 6 Desa terendam banjir. Dimana, kata Frans dari ke enam desa itu yang paling terparah adalah di Desa Bailengit sehingga itu dilakukan pembersihan sampah atau timbunan tanah atau pasir bekas sisa-sisa banjir di saluran air, halaman rumah warga dan Sekolah.

BACA JUGA  Jembatan Katana Akan Segara Dibangun, Butuh Anggaran 6 Miliar

“Sekali lagi saya ucapakan terima kasih kepada pihak TNI-Polri dan masyarakat yang telah bekerja sama dalam bakti sosial ini,” ucapnya.

Sementara Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf, I Putu Witharsana Eka Putra mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat, agar warga setempat dapat beraktifitas seperti semula. “Kita melaksanakan karya bakti dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir, supaya dapat meringankan beban masyarakat, sehingga aktifitas warga dapat berjalan seperti semula,”pungkasnya.

Dandim juga menyebutkan, pelaksanaan kegiatan karya bakti ini difokuskan pembersihan fasilitas umum di dua desa yang merupakan desa terkena dampak bencana banjir yang paling parah yaitu Desa Bailengit meliputi pembersihan polindes, parit, halaman rumah warga, kantor desa, sekolah SD Bailengit dan Desa Parseba meliputi pembersihan gereja, sekolah SD Parseba, halam rumah dan polindes.

“Semoga peristiwa ini bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua untuk memperhatikan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta menjaga saluran irigasi agar tidak mampet,”tuturnya.

Dalam kegiatan karya bakti tersebut dihadiri oleh Bupati Halut Ir. Frans Manery, para pimpinan OPD Pemda Halut, Danramil 1508-03/Kao Kapten Inf Abd. Muchsin, Danki C Yonif RK 732/Banau Kapten Inf Aditya Danang Putranto, perwira Polres Halut, Kasubsektor Kao Barat Ipda Ronald Tail, Danton Kompi 1 Yon A Pelopor Ipda Adolf Lamau dan Camat Kao Barat Abner Tukang. (Red)

BACA JUGA  Bentuk Penghargaan, Ruang Meeting Bupati Diganti Nama Fredy Tjandua

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here