BPBD Tikep Siapkan Strategi Tangani Kemarau Panjang

202

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Abubakar

TIDORE, CH – Untuk mencegah kemarau panjang yang diprediksi akan terjadi pada dua bulan kedepan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan mulai melakukan persiapan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Abubakar mengatakan, berdasarkan arahan Presiden RI terkait dengan musim kemarau panjang, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Kota Tidore Kepulauan, terutama masyarakat di wilayah pegunungan untuk melakukan persiapan jika terjadinya kemarau panjang.

“Sementara mendapatkan informasi bahwa dalam dua bulan kedepan diprediksi akan terjadi kemarau panjang, maka BPBD Kota Tidore Kepulauan akan melakukan rapat koordinasi lintas sektor dengan Satpol-PP, PDAM, Dinas Sosial untuk meminimalisir hal-hal yang terjadi di masyarakat, terutama di wilayah pegunungan,” kata Muhammad, Jumat (21/1/2022).

Kata Muhammad, hal itu merupakan langkah antisipasi agar masyarakat bisa tahu bahwa dalam dua bulan kedepan diprediksi akan terjadi kemarau panjang yang berdampak terjadi kekeringan.

“Kami BPDB akan melaksanakan pemberitahuan kepada masyarakat melalui pengemuman sehingga masyarakat bisa tahu hal itu,” ucapnya.

BACA JUGA  Ujian Di Pinggir Pantai, Bank Maluku Siap Pasang WiFi Di SD Mare Kofo

Muhammad berujar, bahwa dalam rapat koordinasi lintas sektor nanti akan membahas sejumlah persiapan seperti berapa armada yang akan disiapkan. Dia juga akan melaporkan ke Sekertaris Daerah (Sekda), terkait dengan prediksi musim kemarau panjang ini.

Muhammad menambahkan, pihaknya juga mendapatkan surat dari Polres Tidore Kepulauan terkait dengan kesiagan dalam mengantisipasi terjadinya kemarau panjang yang diprediksi akan terjadi dua bulan kedepan.

“Saya juga sudah dapat surat dari Polres Tidore terkait antisipasi musim kemarau panjang yang berdampak kekeringan,” tambahnya.

Musa Abubakar
Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here