Diguyur Hujan Pembukaan MTQ Di Tikep Berjalan Lancar

526

Sekda Tikep, H. Asrul Sani Soleiman Saat   Membuka Dengan Resmi MTQ


TIDORE, CH – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-8 di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) resmi di buka. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah H. Asrul Sani Soleiman di pelataran Mesjid Miftahul Jannah Kelurahan Indonesiana, Kecamatan Tidore, Sabtu (15/2/2020).

Pembukaan MTQ ke 8 Tingkat Kota Tikep ini diditandai dengan ditabuhnya beduk oleh H. Asrul Sani Soleiman. Meskipun sempat diguyur hujan namun tak menyurutkan semangat para kafilah dan penonton yang memenuhi kawasan sekitar Mesjid Miftahul Jannah dan kawasan Kuliner Tugulufa.

Pembukaan ini diawali dengan tampilnya defile kafilah dari delapan kecamatan yang ada di Tidore dan didampingi langsung oleh Para Camat masing-masing, serta diiringi oleh drum band dari SMP Negeri 1 Soasio.

Sambutan Walikota yang dibacakan oleh H. Asrul Sani Soleiman mengatakan, Kota Tidore Kepulauan dibawah pemerintahan Ali Ibrahim dan Muhammad Senin dengan didukung oleh seluruh elemen masyarakat yang selalu solid dan bersatu, akan mengantarkan Kota Tikep menjadi lebih maju dalam segala aspek pembangunan, termasuk diantaranya dalam hal pembinaan seni baca Al-Qur’an.

BACA JUGA  Cegah Narkoba, BNN Tikep Sosialisasi P4GN

Tak hanya itu diungkapkan bahwa momentum MTQ ke 8 ini diharapkan dapat mempererat tali silturahim diantara peserta sekaligus sebagai ajang syiar oleh peserta kepada masyarakat yang menyaksikan.

“Lokasi MTQ yang berada di Kecamatan Tidore dan berada tepat di area Mesjid Miftahul Jannah Kawasan Tugulufa, serta merta akan menjadi sebuah kegiatan keagamaan yang akan berpengaruh secara ekonomi bagi para pedagang yang telah menempati kawasan kuliner baru yang sekaligus menambah pendapatan asli daerah” kata Asrul.

Tak lupa dalam sambutan tersebut, Asrul Sani juga turut menyatakan simpati atas beberapa bencana yang menimpa beberapa daerah di Indonesia, dan berharap semoga bencana tersebut dapat dilalui dengan baik dan daerah yang tertimpa bancana juga mampu bangkit serta pulih kembali, Asrul Sani juga meminta doa dari seluruh masyarakat agar daerah Tidore selalu dalam lindungan Allah SWT.

Pelaksanaan MTQ ke 8 ini direncanakan berlangsung dari tanggal 15 sampai 20 Februari 2020, yang sebelumnya diawali dengan Pawai Taaruf pada tanggal 13 Februari 2020. Hal ini sesuai dengan laporan yang disampaikan oleh Wakil Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPPTQ) Kota Tidore Kepulauan, Umi Abdurasyid.

BACA JUGA  Ranperda Perlindungan Perempuan Dan Anak Disetujui DPRD Tikep

Dalam laporan tersebut juga terungkap bahwa jumlah keseluruhan MTQ pada tahun 2020 sebanyak 181 orang dan didampingi Oficial dan Pelatih sebanyak 62 orang, dengan cabang lomba terdiri dari Cabang Tilawatil Qur’an, Cabang Hifzhil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Fahmi Qur’an dan Cabang Khattil Qur’an. (Red)

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here