Ini Alasan Kantor Sekertariat Sail Tidore Ada di Kota Ternate

Ismail Dukomalao

TIDORE, CH – Perhelatan pelaksanaan Sail Tidore 2022 tinggal menghitung hari. Sail Tidore sendiri akan dilaksanakan di kawasan Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan.

Anehnya, Sekertariat atau pusat informasi pelaksanaan Sail Tidore 2022 bukanya berada di Kota Tidore, melainkan berada di Kota Ternate.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalao mengatakan, keberadaan Sekertariat Sail Tidore 2022 di Kota Ternate itu dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antar panitia daerah dan panitia nasional.

“Sekertariat di Ternate itu dibentuk berdasarkan hasil rapat yang saya ikuti, itu bertujuan untuk mempermudah komunikasi, karena tim pusat yang datang ke Tidore itu nginapnya di Ternate,” kata Ismail, Selasa (17/10/2022).

Kata Ismail, selain tim pusat yang datang lalu beristrahat di Kota Ternate terdapat juga sejumlah pegawai dan Kepala Dinas di jajaran Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang terlibat dalam panitia Sail Tidore 2022 ini bertempat tinggal di Kota Ternate.

“Maka kita bentuk Sekertariat itu di Kota Ternate,” singkat Ismail.

Ismail menambahkan, keberadaan sekertariat itu dimanapun berada, tidak perlu dipersoalkan yang terpenting kerjanya untuk kesuksesan pelaksanaan Sail Tidore.

“Karena Sailnya ada di Kota Tidore Kepulauan dan waktu itu saya juga ikut rapat pembentukan Sekertariat,” ungkpanya.

Keberadaan Sekertariat Sail yang berada di Kota Ternate menurut Ismail tidak menggangu persiapan pelaksanaan Sail, hal itu dikarena kerja-kerja Sail itu semuanya berpusat di Kota Tidore Kepulauan, meskipun rapat-rapat Tim Sekertariat itu di Kota Ternate.

“Disana (Ternate,red) itu hanya rapat saja untuk mempermudah komunikasi,” jelasnya.

Ismail mengaku, pelaksanaan Sail Tidore 2022 ini juga akan membawa manfaat bagi Kota Ternate. Misalnya tim yang diutuskan untuk meninjau lokasi Sail, tidak tidur (nginap) di Tidore melainkan tidur di Ternate, hal ini akan juga terjadi pada saat penyelenggaraan sail, hotel-hotel di Kota Ternate juga akan penuh.

“Itu karena torang belum punya infrastruktur itu, jadi saya berpikir bahwa sekertariat itu ada dimana saja tapi kerjanya untuk Tidore,”tuturnya.

Musa Abubakar
Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

Show More
Back to top button