Jelang Idul Fitri 5.982 Warga Kota Tikep Terima Bantuan DID

 

TIDORE, CH – Bantuan Dana Insentif Daerah (DID) Kota Tidore Kepulauan Tahun Anggaran 2023 ke 5.982 warga masyarakat yang membutuhkan berhasil disalurkan oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen di Delapan Kecamatan se Kota Tidore Kepulauan.

Setelah hari pertama, Sabtu (15/4) penyaluran yang berjalan lancar dan di Daratan Oba yakni di Kecamatan Oba Selatan dan Oba Tengah. Pada hari ke dua, Minggu (16/4) wali kota dan wakil wali kota berhasil menyalurkan di Kecamatan Oba Utara, Kecamatan Oba dan 4 kecamatan lainnya di Pulau Tidore.

Wali kota dan wakil wali kota Muhammad Sinen berbagi lokasi penyerahan untuk mempercepat pemberian bantuan DID sebelum lebaran untuk menunjang kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

DID yang disalurkan di Kota Tidore Kepulauan sebesar Rp.20.812.000.000,00 (Dua Puluh Milyar Delapan Ratus Dua Belas Juta Rupiah) dengan total penerima 5.982 orang yang tersebar di delapan kecamatan se Kota Tidore Kepulauan yang berasal dari Dinas Pertanian, Perikanan, Perindagkop, Nakertrans dan Sosial untuk Tahun Anggaran 2023.

Dengan rincian anggaran yang bersumber dari masing-maaing dinas yang diberikan kepada masyarakat para penerimah. Untuk Dinas Sosial yang di terima per orangnya sebesar Rp 3.172.000, Dinas Perindagkop Rp 3.000.000, Dinas Perikanan di terima per orang Rp. 4.000.000. Nakertrans di terima per orang Rp. 3.217.000 dan Dinas Pertanian yang di terima per orang Rp. 4.000.000.

H. Ali Ibrahim dalam arahan singkatnya meminta ke warga masyarakat penerima bantuan DID agar memanfaatkan bantuan tersebut untuk menunjang keperluan usaha mereka agar semakin meningkat, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat lebih terwujud serta menegaskan bahwa.

“Pemberian bantuan ini tidak dipungut biaya apapun dan tidak ada pemotongan apapun, semuanya mutlak diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tegas Ali.

Sedangkan Muhammad Sinen mengatakan bahwa bantuan DID baru terjadi di masa kepemimpinan dirinya dan Ali Ibrahim sebagai wali kota dan dia sebagai wakil wali kota Tidore.

Disamping itu, Muhammad Sinen juga menyampaikan bagi keluarga penerima manfaat menghadiri penerimaan DID pada kesempatan ini adalah orang-orang terseleksi yang berhak menerima.

Selaras dengan hal tersebut Capt. H. Ali Ibrahim juga mengatakan bahwa Dana Insentif Daerah yang diterima kali ini merupakan bantuan DID yang terbesar dari Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Maluku Utara.

“Dan hal tersebut karena merupakan apresiasi pemerintah pusat ke Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan yang berhasil mengelola tata pemerintahan dengan baik,” kata Ali.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa keberhasilan tersebut dengan menekankan pada empat titik point yakni pertama dari laporan keuangan yang sudah diapresiasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Maluku Utara sehingga Kota Tidore berhasil meraih delapan kali berturut-turut Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Pada point kedua yakni laporan pertanggungjawan Pemerintahan Kota Tidore Kepualuan selalu tepat waktu seperti laporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) ke Kementerian Dalam Negeri maupun laporan pertanggungjawaban ke DPRD.

Point ketiga Percepatan Penurunan Angka Stunting yang sudah menunjukkan hasil dan masih terus diupayakan untuk dapat mencapai target zero stunting, sedangkan Point keempat yakni dari laporan SAKIP yang sudah dua tahun meraih nilai B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), dimana SAKIP merupakan salah satu alat ukur capaian kinerja pemerintah dan sebagai media pertanggungjawaban kepala daerah kepada publik, karena kinerja pemerintahan yang baik setidaknya dicapai melalui perencanaan yang baik, pengarahan yang baik, pengendalian yang tepat dan pelaksanaan yang transparan.

Diakui juga oleh Capt. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen bahwa Kota Tidore Kepulauan tidak memiliki Sumber Daya Alam yang hebat namun memiliki Sumberdaya Manusia yang mumpuni sehingga DID selama dua tahun untuk Kota Tidore Kepulauan berhasil mendapatkan apresiasi yang besar dari Pemerintah Pusat.

“Hal ini patut kita syukuri, karena kerja keras yang dipadu dengan kerjasama yang baik untuk mencapai kesejahteraan masayarakat. Saya bersama Wakil Wali Kota bapak Muhammad Sinen mempunyai komitment yang tinggi untuk untuk melihat kesejahteraan masyarakat Kota Tidore Kepulauan tercapai,” tutup Ali Ibrahim.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

Show More
Back to top button