Kejar Jaringan, Siswa MTs Nurul Huda Ujian Sekokah Dibawah Terpal

219

Siswa MTs Nurul Huda Saat Ujian Sekolah (Foto: Rustam CH)


TOBELO, CH – Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di tengah pandemi Covid-19 sangat menyulitkan, karena harus dengan cara online. Sementara akses jaringan internet belum tersebar di seluruh sekolah yang ada.

Seperti yang dialami oleh 22 peserta US MTs Nurul Huda (Setingkat SMP) di Desa Mamuya Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Maluku Utara(Malut), Rabu (24/3/2021).

Gedung sekolah yang tidak mendapat akses jaringan internet, membuat pihak sekolah terpaksa harus mendirikan tenda beratap terpal di tepi pantai Wouo, untuk para peserta US bisa mengakses jaringan internet lewat Tower Telkomsel yang berada di Desa Luari, Kecamatan Tobelo Utara.

Meski demikian, para peserta US masih tampak kesulitan karena jaringan internet yang didapatkan tidak maksimal. Selain itu, tempat ujian yang beralas rerumputan dan beratap terpal ini, membuat peserta tidak merasa nyaman.

Kaur Kesiswaan MTs Nurul Huda, Rusman Haruna ikut mengakui, jika pelaksanaan US di sekolah tempat dia mengabdi itu sangat memprihatinkan.

BACA JUGA  1 Pasien Positif Dan 1 PDP Di Halut Meninggal Dunia

Lanjut Rusman, walaupun dalam kondisi memprihatinkan, pelaksanaan US diklaim berjalan aman dan lancar.

“Meski kondisi fasilitas jaringan terbatas dan fasilitas lokasi ujian ditepi pantai, tetapi atas semangat para guru, siswa dan orang tua siswa Alhamdulillah ujian berjalan lancar,”katanya.

Sangat tidak pas, kata Rusman jika kondisi seperti ini dialami MTs Desa Mamuya. Sebab, Desa Mamuya merupakan wilayah perbatasan antara Tobelo dan Galela. Disatu sisi, Desa Mamuya memiliki potensi Galian C yang besar, dan potensi wisata Air Panas, serta Gunung Dukono.

Akan tetapi potensi Desa Mamuya yang sangat menjanjikan itu tidak mendapat perhatian Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah, untuk membangun Tower jaringan internet.

“Keterbatasan dengan kondisi akses jaringan internet tidak memadai, dan bahkan fasilitas sekolah juga masih banyak kekurangan, sehingga pemerintah juga harus jeli melihat kondisi sekolah,” tukasnya. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here