Musdus Penetapan Calon Penerima BLT Di Halut Berakhir Ricuh

421

Suasana Paska Kericuhan (Foto: Rustam CH)


TOBELO, CH – Belum menerima, baru saja dalam tahap penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) sudah berakhir ricuh. Hal ini terjadi di Desa Dodowo Kecamatan Galela Utara Kabupaten Halmahera Utara.

Kericuhan ini terjadi pada saat Musyawarah Desa Khusus (Musdus) tentang penetapan calon penerima BLT yang berlangsung di kediaman Kepala Desa Dodowo, Selasa (16/6/2020).

Kasubag Humas Polres Halut Iptu Mansyur Basing kepada awak media mengatakan, sebelum musdus dilaksanakan, sekitar pukul 07.30 WIT, terjadi aksi palang jalan dan pembakaran ban oleh beberapa masyarakat Dodowo yang di kordinir oleh Jami Kuna.

Ketika Camat Galela Utara Vektor Belian Alin bersama dengan Danki Satgas Salimuli, Kapten Yudha Putra. F dan Kaposek Galela Utara , Ipda Amirudin tiba di kediaman kades. Masa aksi langsung berorasi di tempat musyawarah.

“Sekitar pukul 09.30 WIT aksi berlangsung anarkis mulai dari pengrusakan kursi dan meje, pelemparan kaca jendela kamar dan kaca mobil sehingga menyebabkan terjadinya perkelahian antara masa aksi dengan beberapa masyarakat desa setempat,” kata Mansyur.

BACA JUGA  Pemda Halut Belum Juga Salurkan Dana UMKM 2020

Setelah, masa aksi dibubarkan pihak keamanan dan suasa kembali kondusif. Korban pengrusakan dan pemukulan langsung melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Galela.

“Tindakan kepolisian turun ke TKP,
mengumpulkan baket mengarahkan para korban untuk ke Polsek guna membuat laporan polisi dan visum serta amankan barang bukti,” katanya.

Akibat dari peristiwa tersebut menyebabkan menyebabkan keruskan kursi 19 buah, 1 buah kaca meja, satu buah kaca jendela kamar dan satu buah kaca depan mobil. (Red)

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here