Pemerintah Kota Tidore Peringati Hari Kebangkitan Nasional

37

Wali Kota Tidore, H. Ali Ibrahim Saat Memimpin Upacara

TIDORE, CH – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) ikut memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 114 dengan menggelar upacara. Walikota Tikep Capt. H. Ali Ibrahim sebagai Inspektur Upacara yang berlangsung di halaman Kantor Walikota, Jumat(20/5/22).

Ali Ibrahim saat membacakan sambutan Menkominfo RI Johnny. G. Plate Peringatan Harkitnas tersebut mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Lanjut Ali, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Lanjut Ali, tujuan didirikannya Budi Utomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Budi Utomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

BACA JUGA  Pegawai DPMD Tikep Yang Terlibat Narkoba Terancam Dipecat

Kelahiran Budi Utomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

“Mengutip ucapan Dr. Sutomo selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga,” ucapnya.

Di tengah momentum penanganan nasional COVID 19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID 19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.

Bertindak selaku komandan upacara adalah Kepala Bidang Peternakan, pada Dinas Pertanian, Khatab Adjam dan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa , Abdul Wahid Saraha membacakan teks pembukaan UUD 1945.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here