Pemkot Tikep Komitmen Hentikan Penularan Malaria

547

Muhammad Yasin Saat Membuka Kegiatan Diseminasi Informasi Hasil Pra Assesment Dan Assesment Malaria


TIDORE, CH – Asisten Setda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Muhammad Yasin membuka dengan resmi Diseminasi Informasi Hasil Pra Assesment dan Assesment Malaria Kota Tikep yang bertempat di ruang Rapat Walikota, Selasa (4/2/2020).

Muhammad Yasin dalam sambutannya mengatakan  atas nama Pemerintah Kota Tikep turut mendukung komitmen global untuk mengeliminasi malaria dengan melakukan berbagai upaya menghentikan terjadinya penularan malaria. “Pemerintah bersama masyarakat saat ini bertekad dan siap menjadikan Kota Tidore Kepulauan sebagai daerah yang bebas Malaria,” cetusnya.

Muhammad juga berharap kepada seluruh lintas sektor terkait di Kota Tikep dapat bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam upaya menjadikan kota yang bebas malaria

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Tikep, Abdullah Marajabesy melaporkan diseminasi merupakan tindak inovasi yang disusun dan sebarannya berdasarkan sebuah perencanaan yang matang dengan pandangan jauh ke depan baik melalui diskusi atau forum lainnya yang sengaja diprogramkan, sehingga terdapat kesepakatan untuk melaksanakan inovasi. “Maka hal ini pulalah yang mendorong untuk melakukan diseminasi informasi hasil pra assessment dan assessment di Kota Tidore Kepulauan,” ujarnya.

BACA JUGA  Sampah di Guraping Menumpuk, Pemkot dan Pemprov Hanya Sebatas Janji

Sebagaimana diketahui selama 3 tahun terakhir, kasus penyakit malaria di Kota Tidore telah terjadi penurunan. Pada 2017 sebanyak 24 kasus dengan annual parasite incidence 0,2 per mil, 2018 sebanyak 20 kasus dengan annual parasite incidence 0,2 per mil dan pada 2019 sebanyak 14 kasus dengan annual paracite incidence 0,1 per mil.

Acara ini dilanjutkan dengan pemaparan tentang Presentasi Deminasi Informasi Malaria di Kota Tikep yang disampaikan oleh Salim Kalidi dari Dinas Kesehatan Kota Tikep serta Sunarti Arsan dari Dinas Kesehatan Propinsi Maluku Utara  tentang desiminasi hasil pra asesment eliminasi malaria di Kota Tikep.(Red)

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here