Peringati Hari Jadi Desa Kayasa, Ini Pesan Wawali Tikep

135

 Wawali Tikep, Muhammad Sinen Saat Sambutan di Hari Jadi Desa Kayasa

TIDORE, CH – Desa Kayasa Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan (Tikep) genap berusia 48 tahun. Pemerintah Desa bersama warga setempat ikut memperingati dengan sejumlah rangakain kegiatan.

Mulai dari acara lomba hingga kegiatan ritual yang berlangsung di Aula Balai Desa Kayasa, Rabu (2/3/2022) sebagai acara puncak perayaan hari jadi Kayasa yang ke ke-48 tahun.

Momen ini ikut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen. Dihadapan warga, Muhammad Sinen berharap, kegiatan seperti ini jangan hanya seremonial, melainkan perlu ditingkatkan menjadi kegiatan tahunan agar generasi muda bisa berkreasi dan berkembang.

“Karena seperti apa yang di katakan Presiden Jokowi bahwa pemuda adalah generasi emas negara makanya harus di rawat dan di jaga,” ujarnya.

Dia juga berharap kepada pemuda desa Kayasa yang sudah berpendidikan tinggi, setelah balik dari kampus agar bisa membantu pemerintah desa untuk membangun desa dengan kemampuan keilmuan yang dimiliki.

BACA JUGA  Polsek Tidore Utara Amankan 147 Kantong Miras

“Selain itu jika ada kretifitas yang dilakukan oleh pemuda maka pemerintah desa harus hadir untuk memberikan support agar pemuda lebih berkembang lagi,” harapnya.

Sementara ketua panitia kegiatan, Halik Karim dalam laporannya menyebutkan acara yang dilomkan diantaranya, domino, adzan, hafalan, tarian, puisi dan lari karung untuk kategori anak-anak dan tarik tambang, lari karung, senam ayo bersatu untuk kategori ibu-ibu.

Sementara untuk ritual yakni ritual kota dumai, ritual ziarah jere (keranmat) dan pembacaan doa selamat dan ritual gam masou.

“Kegiatan ini, kita sebagai anak cucu yang berada di Desa Kayasa agar tidak melupakan adat se atorang yang telah di wariskan oleh leluhur yang telah memberikan kepercayaannya kepeda kami sebagai anak cucu untuk merawatnya,” jelasnya.

Musa Abubakar
Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here