PKB Siap Mendorong Sultan Tidore, Zainal Abidin Sjah Jadi Pahlawan Nasional

105
Almarhum Sultan Zainal Abidin Sjah

TIDORE, CH – Dukungan tidak hanya datang dari masyarakat Kota Tidore Kepulauan (Tikep), untuk mendorong Sultan Zainal Abidin Sjah sebagai Pahlawan Nasinonal. Partai politik setempat juga ikut ambil bagian untuk membantu Pemerintah Kota terkait hal tersebut.

Salah satunya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai berjanji akan menggunakan seluruh kekuatan  partai untuk mendorong almarhum Sultan Tidore, Zainal Abidin Sjah agar bisa ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua DPC. PKB Kota Tikep, Murad polisiri dalam musyawarah cabang (Muscab) PKB yang berlangsung pada, Rabu (3/11/2021) malam, di Aula Penginapan Visal Kelurahan Gamtokange.

“Jasa almarhum Sultan Tidore, Zainal Abidin Sjah sangat besar bagi bangsa dan negara ini, lewat tangan beliau Papua Barat kembali ke pangkuan NKRI, sejarah itu masih tercatat jelas, masih di arsipkan jelas di museum yang ada di Jakarta,” ujar ketua DPC PKB dalam sambutannya.

Dia berharap, Wakil Walikota Ternate yang juga merupakan ketua DPW PKB Maluku Utara, ikut turut campur tangan dalam proses pengusulan agar almarhum Sultan Zainal Abidin Sjah di tetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

BACA JUGA  Tanpa Gaji, Pemuda Ini Setiap Hari Membersihkan Sampah Di Pantai Rum

“Saya kira butuh dorongan politik pak ketua, semua campur tangan stekholder seluruh kekuatan untuk mampu mendorong almarhum Sultan Tidore, Zainal Abidin Sjah sebagai pahlawan Nasional,”harapnya.

Menangapi permintaan  tersebut, Ketua PKB Maluku Utara, Jasri Usman saat di wawancarai oleh sejumlah awak media mengatakan. DPW PKB siap mendukung dan mendorong agar almarhum Sultan Tidore, Zainal Abidin Sjah  bisa  ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Menurutnya, Almarhum Sultan Zainal Abidin Sjah memiliki peran yang cukup luar biasa di Indonesia bagian timur. Dia meminta DPC PKB Kota Tikep mengusulkan secara resmi dan DPW akan menjembatani keinginan masyarakat Kota Tikep, agar Sultan Tidore, Zainal Abidin Sjah bisa dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional.

Jasri juga mengingatkan kepada DPC PKB kota Tidore agar tidak berkerja sendiri dan selalu melakukan kerjasama dengan pemerintah Kota Tikep dalam  memperjuangkan Sultan Tidore, Zainal Abidin Sjah menjadi Pahlawan Nasional.

“Kita akan mengkomonikasikan dengan pemerintah daerah untuk menyediakan persyaratan persyaratan yang nantinya dilengkapi, karena diangkatnya seseorang untuk menjadi Pahlawan Nasional harus melalui beberapa syarat. Semangat mendorong tidak berkerja sendiri tetapi semangat mendorong itu harus disertai alasan bukti-bukti yang bisa di lengkapi,” tuturnya.

BACA JUGA  Astaga, Bendera Merah Putih Di Kantor DPRD Tikep Dipasang Terbalik

Jasri juga mengingatkan, institusi PKB sangat menghargai, melihat perjalanan almarhum Sultan Tidore, Zainal Abidin Sjah, dalam memerdekakan bangsa Indonesia. Untuk itu DPW PKB Maluku Utara menyambut baik.

“Ini keinginan kita semua, bukan cuma masyarakat Kota Tidore, bukan hanya keinginan DPC PKB Tikep tapi keinginan masyarakat Maluku Utara agar pejuang-pejuang kita bisa dihargai dan dihormati lalu secepatnya diangkat menjadi Pahlawan Nasional,”ujarnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here