PLN Buli Lakukan Pemadaman Bergilir

569

BULI, CH- Perusahan Listrik Negara (PLN) Ranting Buli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Propinsi Maluku Utara kembali melakukan pemadaman bergilir. Pemadaman ini terjadi karena kerusakan mesin.

Pemadaman bergilir ini terjadi sejak hari, Sabtu (10/8/2019) sampai waktu yang tidak di tentukan. Informasi yang dihimpun Cerminhalmahera. com, pemadaman ini di lakukan karena sala satu mesin yang berkekuatan 450 kw mengalami kerusakan berat. “Temperatur mesin naik sehingga menyebabkan oli mesin naik karena panas maka mesin langsung mati,”kata Plh PLN Ranting Buli Karel Rikumahu.

Lanjut Karel, Jumat (9/8) kemarin mesin CAT 1 sementara beroperasi dan pada pukul 15.00 WIT, di padamkan karena jadwalnya untuk pemeliharan. “Setelah pemeliharaan selesai dan dihidupkan kembali, namun temperatur air naik dan mesin langsung mati, mesin bisa operasi normal setelah tim Infestigasi dari sub rayon Sofifi tiba di buli,”jelasnya.

Karel juga mengatakan, mesin CAT 1 pada saat dihidupkan ada kedengaran bunyi gesekan dari dalam mesin, untuk itu pihak PLN tidak memaksakan mesin untuk berolerasi. Jumlah mesin yang beroperasi  sebanyak 5 unit, yang melayani warga mulai dari Buli Kecamatan Maba sampai Desa Dorolamo Kecamatan Maba Tengah.

BACA JUGA  Diserang Lawan Politik, AMAN Klaim Dukungan Warga Tikep Terus Mengalir

“Mesin CAT 1 yang berkekuatan 450 kw yang mengalami kerusakan ini hanya beroperasi di seputaran Buli, jadi berpengaruh pada mesin lainya karena memakai sistem, kalau normal untuk melayani dari Buli sampai Dorolamo harus 5 mesin dihidupkan dengan daya 1000 kw, dan saat ini mesin dengan daya 450kw rusak maka harus ada pemadaman bergilir,”paparnya.

Atas pemadaman ini,  Karel meminta maaf kepada Masyarakat Buli dan sekitarnya atas terjadi pemadaman bergiliran, karena pemadaman ini bukan unsur kesengajaan. Saya sangat menyesal sekali, kenapa pas malam takbiran hari raya Idul Adha, mesin ikut rusak, saya meminta maaf kepada masyarakat atas pemadaman ini,”ucapnya.

Karel berjanji tetap berupaya agar pemadaman bergiliran ini secepatnya di atasi. Pemadaman di malam takbiran ini terjadi di Maba Tengah. Sementara untuk Buli dan sekitarnya pemadaman dijadwalkan, Minggu (11/8/2019) malam. Pemadaman ini bergantian hingga kerusakan mesin kembali normal. (Ady)

Reporter: Nehemia Bustami

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here