Kota Tikep Dapat Bantuan Kapal Pelra

359

Kepala Dinas Perhubungan Tikep, Daud Muhammad

TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) di akhir tahun 2019 ini, mendapat satu unit bantuan kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) dari Kementerian Perhubungan RI. 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Tikep Daud Muhammad kepada sejumlah media mengatakan, untuk saat ini bantuan tersebut sudah berada di Tidore yang berlabu di Pelabuhan Speeboat Sarimalaha, selanjutnya kapal tersebut nantinya diperuntuhkan untuk trayek Tidore – Sofifi.

Kapal tersebut akan dioperasikan pasca pengesahan APBD tahun 2020, pasalnya untuk biaya operasional bagi jurumudi, Nahkoda dan ABK di kapal tersebut bersumber dari APBD.

“Bantuan kapal Pelra dengan kapasitas 35 GT ini diperuntuhkan untuk pelayanan rakyat, sehingga kami dari dinas perhubungan akan memanfaatkan kapal ini untuk memuat para penumpang tujuan Tidore – Halmahera, namun dalam rancangan kami yang sebelumnya kapal Pelra ini akan keluar dari Tidore dan berlabuh di Oba, namun setelah kami kroscek untuk sementara kami ambil yang jalur pendek terlebih dahulu sehingga trayeknya ditetapkan Tidore – Sofifi,”jelas Daud, Jumat (29/11).

BACA JUGA  Hadiri FKNT di Tidore, Mentri KP Disambut Secara Adat

Sementara terkait dengan tarif penumpang, kata Daud berada dibawah tarif kendaraan laut yang sifatnya umum, hal itu dikarenakan kapal Pelra merupakan kapal plat merah milik Pemerintah Daerah Kota Tikep, sehingga dalam penetapan tarif nantinya akan dikeluarkan SK Walikota dengan harga Rp. 20 ribu per penumpang.

“Karena trayek baru jadi kami rencanakan untuk tarif bagi satu penumpang senilai Rp. 20 Ribu, jadi harga tarif tersebut lebih murah dari angkutan umum laut milik pengusaha,” tuturnya.(Red)

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here