Sekjen Kemendes Buka Acara Pelatihan Desa Wisata di Kota Tikep

112
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa (Kemendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (PDTT), Taufik Madjid Saat Membuka Acara di Balai Desa Balbar Kecamatan Oba Utara

TIDORE, CH – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa (Kemendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (PDTT),  Taufik Madjid melakukan kunjungan kerja di Kota Tidore Kepulauan. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka Pembukaan Pelatihan Desa Wisata angkatan III Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat dan angkatan  IV Kecamtan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan yang diselenggarakan di Balai Desa Balbar Kecamatan Oba Utara, Senin (14/3/2022).

Taufik Madjid bersama rombongan tiba di Pelabuhan Guraping sekitar pukul 14.00 WIT di jemput langsung oleh Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim, selanjutnya menuju Balai Desa Balbar untuk membuka Pelatihan Desa Wisata angkatan III Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat dan angkatan  IV Kecamtan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan.

Di kesempatan itu, Taufik Madjid  dalam sambutannya menyampaikan, Pelatihan Desa Wisata merupakan salah satu program andalan Presiden, Joko Widodo dibidang Pariwisata. Dengan Kontruksi APBN ditengah tekanan pandemi covid 19, pemerintah ingin supaya ada yang namanya kualitas belanja yang harus betul-betul fokus sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekaligus potensi yang dimiliki masyarakat.

BACA JUGA  Kembangkan Potensi Guru, Diknas Tikep Gelar Diklat

“Ini tujuannya untuk secara cepat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional akibat tekanan covid 19 beberapa tahun terakhir. Pemerintah kemudian mengambil berbagai langkah mereformulasikan kembali kebijakan-kebijakan sehingga dapat berdampak baik dan dirasakan langsung oleh masyarakat” tutur Taufik.

Taufik menambahkan, akhir-akhir ini isu Ekonomi menjadi isu yang paling sering diperbincangkan, muda-mudahan atmosfir yang dibangun pada saat dirinya ditunjuk Presiden Joko Widodo ini bisa kemudian memberikan angin segar bagi akselerasi dan pertumbuhan ekonomi pada level yang di bawah termasuk di level Desa.

“Saya terus berkomitmen untuk terus memegang kepentingan lewat pelatihan-pelatihan seperti ini, sehingga apa yang telah dimiliki oleh desa bisa dikembangkan sehingga bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama desa itu sendiri,” katanya.

Dikesempatan yang sama Walikota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim menyampaikan bahwa sebuah kebanggaan bagi Kota Tidore Kepulauan atas  kunjungan kerja Sekjen Kemendes PDTT yang merupakan bagian dari keluarga besar Moluku Kie Raha. Kehadiran Sekjen menjadi sebuah motivasi bagi k anak-anak daerah untuk menitipkan harapan besar daerah untuk kembali dikenal sebagai daerah yang memiliki SDM yang tak kalah dari daerah lain.

BACA JUGA  Rurusaya Open Tournament Resmi Dibuka

“Kami yakin dan percaya bahwa kunjungan Sekjen di Kota Tidore tepatnya di Desa Balbar bukanlah sebuah kebetulan tapi merupakan sebuah kepedulian yang besar sebagai anak daerah Maluku Utara untuk bersama-sama meningkatkan program pembangunan di bidang Desa Wisata,” kata Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim berharap dengan kehadiran Sekjen bersama jajaran di Propinsi Maluku Utara melalui  kegiatan ini menjadi sebuah semangat tersendiri bagi Kota Tidore Kepulauan untuk mendorong kreativitas, inovasi dan produktivitas Desa Wisata yang sedang digiatkan ini.

Sementara Kapala Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ambon,  Josoa Salmon Marlissa dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan utuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan serta pembentukan sikap peserta dalam rangka pengelolaan dan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dan desa.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here