Tahun Depan Pelabuhan Rum Kembali Ditutup, Ini Penjelasan Dishub Tikep

133
Kepala Dinas Perhubungan Kota Tikep, Daud Muhammad

TIDORE, CH – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (TIKEP) melalui dinas perhubungan akan kembali menutup pelabuhan penyeberangan Tidore menuju Ternate di 2022 nanti. Penutupan ini hanya berlaku untuk pelabuhan Speed Boat dan Motor Kayu, karena akan diperbaiki kembali.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tikep, Daud Muhammad saat di konfirmasi, Kamis (2/12/2021) membenarkan, bahwa di 2022 nanti dermaga penyeberangan di kelurahan Rum akan di perbaiki. Menurutnya, pelabuhan tersebut sementara dalam tahap perbaikan, dan progresnya sudah capai 90 persen. Direncanakan pada Desember bulan depan sudah bisa di buka.

“Akan tetapi tahun depan itu pelabuhan akan torang (Dishub) tutup kembali, karena di tahun 2022 itu ada perbaikan dermaga dan yang ditutup hanya sisi laut untuk dermaga Speed Boat, akan tetapi untuk sisi daratnya fasilitas ruang tunggu dan area parkir akan tetap dibuka dan di nikmati oleh masyarakat,” kata Daud.

Daud juga menjelaskan, pembangunan dermaga Speed Boat dengan biaya sebesar Rp. 1, 9 milyar, dan untuk dermaga khusus motor kayu sebesar Rp. 600 juta. Sumber anggaran dari APBN dan APBD.

BACA JUGA  Abdul Malik Resmi Kembali Ke Bawaslu RI

“Setelah saya menerima RK dan berita acara dari kementerian, teknis sudah.  Porses lelangnya kita upayakan secepat mungkin paling kurang bulan Februari Maret itu pekerjaan sudah di lakukan,” jelasnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here