Acara Pentas Seni Hoda Se Gam Resmi Dibuka

Yakub Husain 

TIDORE, CH – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Tidore Kepulauan Yakub Husain mewakili Walikota Tidore Kepulauan membuka dengan resmi Acara Pentas Seni Hoda Se Gam yang diselenggarakan oleh Folakatu Art yang dipusatkan Pantai Tugulufa Kota Tidore, Sabtu (25/11/2023) malam.

Atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, Yakub Husain menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Dimana Folakatu Art sebagai sanggar yang telah memiliki peran yang sangat baik dalam menginisiasi para pemuda Kota Tidore Kepulauan untuk mengekpresikan kemampuan mereka dalam bidang seni tari, dan keberhasilan tersebut juga telah nyata dengan berhasil membawa putra dan putri Kota Tidore Kepulauan ke kancah Internasioanl di Dubai dalam Expo Dubai 2020 dan menampilkan tarian daerah Tidore.

Staf Ahli juga menambahkan, ini sebuah kebanggaan yang patut disyukuri karena ditengah perkembangan jaman yang semakin mengedepankan teknologi, putra-putri Kota Tidore Kepulauan sebagain besar masih berkutat dengan hal-hal yang positif salah satunya melalui seni tari.

“Kami sangat mendukung hadirnya sanggar-sanggar tari di Kota Tidore Kepulauan bukan hanya sebagai tempat mengekpresikan hobi namun juga menjadi sebuah media yang paling baik untuk mewariskan seni dan budaya Kota Tidore Kepulauan kepada para penerus. Sehingga kita tidak akan mengalami kehilangan generasi tapi sebaliknya kita memiliki generasi yang peduli serta tahu akan budaya dan seni yang Kota Tidore Kepulauan miliki,” ucap Yakub.

Lanjut Yakub, Sekarang adalah waktu yang tepat untuk meregenerasikan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki baik dalam ilmu agama, seni maupun budaya, agar kelak kita memiliki generasi penerus yang berkualitas dan dapat diandalkan.

Sambutan perwakilan Kepala Balai Pelestarian dan Kebudayaan Propinsi Maluku Utara, Iwaulin, menyampaikan di 2023 Balai Pelestarian dan Kebudayaan memiliki program fasilitas kemajuan kebudayaan yaitu program pemberian bantuan kepada komonitas atau perorangan yang berminat dari pelaku kebudayaan maupun yang ingin berkecimpun untuk memajukan budaya dari seluruh wilayah Maluku Utara

Iwaulin berharap dengan adanya program ini dapat bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat untuk memajukan kebudayaan yang telah di amanatkan Undang-undang kemajuan kebudayaan No 5 Tahun 2017 agar seluruh lapisan masyarakat membentuk ekosistem kemajuan kebudayaan.

Sementara Muhammad Rizki Ibrahim dalam laporannya mengatakan Hodadegam Adalah salah satu program Fasilitasi pemajuan Kebudayaan dari Balai Pelestarian Kebudayaan Maluku Utara. Hoda Se Gam (melihat kampuang) merupakan Sebuah pertunjukkan yg menggunakan ruang Publik sebagai sarana pertunjukkan baru sekaligus tawaran bagi dunia kesenian di tidore untuk mendukung letahanan budaya.

Muhammad Rizki Ibrahim berharap kegiatan ini terus berlanjut di tahun berikutnya dan semoga makin banyak Komunitas komunitas Seni dan budaya yg ada di tidore untuk bisa terlihat Dalam program ini. (Uca)

Show More
Back to top button