Baksos Kesehatan Gratis, Yamastha Dapat Apresiasi Dari Pemkot Tikep

316

Sekda Pemkot Tikep, Drs. Asrul Sani Soleiman Bersama Pengurus Yamastha

 


TIDORE, CH– Yayasan Muhammad Asyik Thaib (Yamastha) menggelar bakti sosial (baksos) kesehatan secara gratis. Kegiatan yang berlangsung, Rabu (25/12) di halaman Mushola Soa Kapita, Kelurahan Soasio, Kecamatan Tidore, ini disambut baik oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep)

Kegiatan dengan tema “BAKSOS YAMASTHA 2019” ini terdiri dari beberapa item kagiatan diantaranya senam kesehatan, sosialisai HIV/AIDS, seminar kesehatan, khitanan massal, pemeriksaan kesehatan yang meliputi konsultasi dokter, pemeriksaan fisik, gigi, darah yang mencakup kolesterol, asam urat dan gula darah, konsultasi gizi, konseling obat dan konseling lanjutan penyakit menular.

Sekretaris Daerah Kota Tikep, Drs. Asrul Sani Soleiman dalam sambutanya menyampaikan, penghargaan dan apresiasi positif kepada pengurus Yamastha yang telah menggelar kegiatan ini.
“Turut memperhatikan kesejahteraan masyarakat dan berupaya mendekatkan setiap program kerja untuk memberikan kontribusi nyata pada cakupan pelayanan sosial kepada masyarakat,” ujar Asrul, saat membuka acara tersebut dengan resmi.

Lanjut sekda, tantangan pembangunan Kota Tidore kedepan semakin berat, kerena itu dibutuhkan organisasi sosial yang mempunyai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, mengingat organisasi sosial kemasyarakatan merupakan bagian yang terkait dengan rencana pembangunan daerah. “Yang telah dilakukan dalam bentuk wujud kegiatan serta keberhasilannya mendapatkan pengakuan dari masyarakat luas,” tukasnya.

BACA JUGA  Walikota Tikep Salurkan Bantuan Dari BRI Ke Seluruh Puskesmas

Kesempatan yang sama Ketua Yayasan yang diwakili oleh Pengawas Yayasan, Kamaluddin Kalfangare menyampaikan, kegiatan ini bersamaan dengan momentum hari ulang tahun yayasan yang sudah berumur 9 tahun. “Baksos ini bukan yang pertama kalinya kami buat tapi ini sudah yg ke beberapa kali diantaranya dua kali di daratan oba dan kami sengaja melakukan baksos ini di Mushola Soa Kapita Kesultanan Tidore Kelurahan Soasio ini karna kami merasa terpanggil untuk pulang kampung,” jelasnya.

Sementara itu Maimuna M. Asyik selaku ketua panitia menyampaikan, bakti sosial kesehatan dan khitanan massal ini merupakan program utama yayasan untuk mewujudkan tujuan yayasan, yang pula bersumber pada amanat dan cita-cita leluhur dalam mewujudkan nilai kamanusiaan, amal ibadah, serta sikap kegotongroyongan dalam tercapainya kehidupan sosial dan makmur.

Peserta yang mendaftar pada kegiatan ini berjumlah 150 orang untuk tes kesehatan, dan 15 anak untuk khitanan massal. Kegiatan ini atas kerjasama RSUD Tikep, Kimia Farma Tidore, Apotek Guraci farma. “Para relawan diantaranya para dokter ahli dan umum, tim perawat gigi, tim ahli gizi, tim apoteker dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), tim perawat dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Pemuda Kelurahan Soasio,” sebutnya. (Red)

BACA JUGA  Puluhan Kepsek SD Tikep Study Banding Ke Manado

Reporter: Musa Abubakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here