Renovasi Monumen Juan Sebastian Elcano, Menunggu Surat Dari PLTU

152
Munumen Juan Sebastian De Elkano di Keluran Rum Balibunga

TIDORE, CH – Monumen Juan Sebastian Elcano di Kelurahan Rum Balibunga Kota Tidore Kepulauan (Tikep) akan direnovasi. Hanya Pemerintah Kota Tikep masih menunggu surat pembebasan lahan dari pihak Pembangkit Listrik Tengah Uap (PLTU).

Pasalnya, Monumen Juan Sebastian Elcano yang merupakan bukti sejarah akan penemuan tentang bentuk bumi itu bulat, berada di areal lahan milik PLTU.

“Kami dan Pak Wakil sudah melakukan pertemuan dengan Kepala PLN Wilayah Maluku – Maluku Utara, dalam pertemuan sudah ada kesepakatan terkait dengan tukar guling lahan, sehingga PLTU memberikan lahannya kepada Pemkot dengan panjang 33 Meter dan Lebar 11 Meter,” ungkap Muslihin, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman Dan Pertanahan (Perkimtan) saat ditemui sejumlah media di ruang kerjanya, Kamis (26/8/2021).

Selain lokasi Monumen Juan Sebastian Elcano, kata Muslihin, Pemkot Tikep juga nantinya akan membantu PLTU untuk membebaskan lahan di Pulau Maitara untuk pembangunan Pos Jaga, karena di Maitara juga terdapat pembangunan Gardu milik PLTU, jadi secara administrasi semuanya sudah selesai sehingga pembangunannya sudah bisa dilaksanakan.

BACA JUGA  Atasi Masalah Sampah, Pemkot Dan Pemprov Bangun Diskusi

“Saat ini Pemerintah Daerah hanya tinggal menunggu surat dari PLTU terkait dengan pembebasan lahan di Maitara untuk ditindaklanjuti sebagaimana kesepakatan yang telah dibuat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Muslihin menambahkan untuk Pembangunan Monumen Juan Sebastian Elcano itu, nantinya akan dilakukan oleh pihak Balai Prasarana dan Pemukiman, bahkan untuk saat ini desaign atas pembangunan tersebut juga telah disesediakan. Dalam Desaign itu juga terdapat bola bumi yang akan dibuat tepat di depan Monumen.

“Hanya saja karena masih dalam situasi Covid-19 sehingga anggaran untuk pembangunannya masih di refocusing, meski begitu kegiatan tersebut nantinya akan diusulkan kembali oleh pihak Balai ke Kementrian untuk dilaksanakan pada tahun 2022,” jelasnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here