Bulan Ini Dinkes Halut Vaksin Lansia

189

RSUD Tobelo (Foto: Istimewa)

HALUT, CH- Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Maluku Utara (Malut) menjadwalkan, pada Maret ini akan memberikan suntikan vaksin kepada warga lansia yang tersebar di seluruh desa yang ada di Halut.

Kepala Dinas Kesehatan Halut, Muhammad mengatakan,  pelaksanaan suntik vaksin tahap II yang sasaranya ke para lansia ini akan terealisasi  setelah selesai pendataan para lansia.

”Saat ini tim lapangan kami sedang melakukan pendataan warga lansia yang tersebar di 196 desa se Halut,” kata, Muhammad, Jumat (5/3/2021).

Selain dalam tahap pendataan, lanjut kadis, tim gugus tugas penanganan Covid-19 Halut terus matangkan persiapan dengan gelar rapat evaluasi yang juga melibatkan 19 Puskesmas yang ada di Halut. ”Stok vaksinnya belum ada, nanti setelah pendataan tuntas baru diajukan permintaan stok vaksin sesuai jumlah penerima vaksin,”ujarnya.

Namun, sebelum vaksinasi lansia, menurut Muhammad terlebih dahulu vaksin terhadap nakes. ”Kami akan tuntaskan dulu 500 nakes setelah itu lansia. Untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi lansia ini diupayakan dalam Maret ini juga,” terangnya.

BACA JUGA  Bentuk Penghargaan, Ruang Meeting Bupati Diganti Nama Fredy Tjandua

Lokasi vaksinasi sendiri, lanjut kadis, selain di RSUD Tobelo dan 19 Puskemas, juga bisa di posko Covid-19, yaitu kantor Dinkes dan ada beberapa posko yang sudah dibuka.

”Stok vaksin kan didistribusi ke rumah sakit dan puskemas, jadi mereka penerima vaksin bisa datang ke faskes terdekat,” pungkasnya.

Program Vaksin di Halut ini mendapat respon positif  dari berbagai kalangan, salah satunya adalah Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PD PM) Halut.

“Mengingat sudah ada edaran maupun instruksi maka vaksinasi ini diharuskan untuk diterapkan, dan pemuda Muhammadiyah ikut mendukung divaksin,” kata, Ketua PM Halut, Jumar Mafoloi, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya.

Jumar juga berharap masyarakat Halut ikut ambil bagian dalam vaksinasi tersebut. Sebab, vaksin sudah teruji secara klinik dan mendapatkan persetujuan dari BPOM dan MUI pusat bahwa vaksin tersebut itu halal. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here