Cegah Covid 19, Pemdes Di Kecamatan Maba Lakukan Penyemprotan

359

Penyemprotan Desinfektan Oleh Pemerintah Desa Geltoli (Foto: Nehe CH)


BULI, CH – Pemerintah Desa (Pemdes) di Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke pemukiman warga. Langka ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) di masing-masing desa yang ada.

Di Desa Geltoli selain melakukan penyemprotan, pemerintah desa juga melakukan penyuluhan atau himbauan kepada masyarakat betapa bahayanya  virus tersebut. “Kepada warga, agar tetap mengukuti anjuran pemerintah demi keselamatan kita semua karena virus ini sangat berbahaya,” kata Kepala Desa Geltoli Herasmus Tatengkeng, Jumat (17/4).

Sementara di Desa Wayafli, setelah dilakukan penyemprotan yang berlangsung pada, Rabu (15/4/2020) pemerintah desa setempat juga ikut membagikan obat vitamin kepada warga. Selain itu himbauan kepada warga tentang pencegahan virus korona juga ikut disampaikan oleh pemerintah desa ke masyarakat. “Demi keselamatan banyak orang, maka pemerinta anjurkan untuk jaga jarak, tetap di rumah saja,  jangan berkumpul dan rajin cuci tangan,”  harap Kepala Dsa Wayafli,  Yehuda Goeslaw.

BACA JUGA  ASMAPEL Fagagali Buli Asal-Wayafli Tanam 100 Pohon Pucuk Merah
Pemeriksaan Suhu Tubuh Warga Di Desa Buli Karya

Berbeda dengan di Desa Buli Karya selain penyemprotan, pemerintah desa juga melakukan  tes daya tubuh ke semua masyarakat Buli Karya oleh tim medis. Alhamdulla dalam pengecekan itu tidak ditemukan warga yang memiliki suhu tinggi termasuk  mahasiswa yang baru pulang dari luar daerah. “Dalam penyemprotan kami  libatkan Babinsa Desa Buli Karya, sedangkan Babinkamtibmas dilibatkan pada pengecekan suhu tubuh masyarakat,” kata Kepala Desa Buli Karya Aldjufri Marsaoly.

Penyemprotan dan pembagian vitamin ke warga  lanjut usia  juga dilakukan oleh Pemerintah Desa Buli Asal, Gamesan, Baburino, Sailal, dan Pekaulang.  Namun dalam pembagian vitamin tidak mencukupi.  Sehingga Pemerintah Desa berharap kepada pihak PT. Antam sebagai penyalur obat dan Alat Pelindung Diri (APD) ke desa lingkar tambang melalui anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) untuk melakukan penambahan penyaluran bantuan. “Harus ada penambahan vitamin dan masker karena penyaluran bantuan ke Desa Gamesan melalui dana CSR belum sampai Rp. 16 juta sesuai hasil kesepakatan,” ujar kepala Desa Gamesan Eddy Nikiyuluw.

BACA JUGA  Penyaluran BLT 6 Bulan Di Desa Gotowasi Berakhir

Informasi yang di himpun wartawan Cermin Halmahera, pihak Antam akan menyalurkan bantuan susulan berupa masker kain dan vitamin, dan diharpkan untuk vitamin diperuntukan hanya warga yang tergolong lansia atau warga yang kurang vit.  “Mereka yang seharusnya mendapat vitamin,” harap Agustinus Toko Susetio, VP HC & CSR PT. Antam UBP Nikel Maluku Utara. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here